ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN PEKERJA INDUSTRI BATIK TULIS "MOCH. SALAM" DI DESA NGARESREJO KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

  • Sa'ida Abdun Qod Tamalla Unesa
  • Dr. Sri Murtini., M.Si. Unesa

Abstract

Industri batik tulis “Moch. Salam” yang berada di Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono dalam kurun waktu tiga tahun tidak mengalami penambahan pekerja sehingga diketahui bahwa pada tahun 2022 ini memiliki 20 orang pekerja. Pekerjaan membatik dianggap kurang diminati oleh masyarakat, namun hasil dari industri ini (kain batik) sangat diminati oleh masyarakat. Sistem perolehan upah (gaji) pada industri ini yaitu dengan sistem borongan (harian) dengan perhitungan upah Rp. 5000 per kain yang dinilai lebih sedikit dari upah pekerja batik di Kampung Jetis Sidoarjo. Terkait dengan harga batik tulis yang mahal serta pengupahan yang dikategorikan sedikit, tidak menyebabkan pengurangan pekerja pada industri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan menganalisis tingkat kesejahteraan pekerja industri batik tulis “Moch. Salam”.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang merupakan pekerja industri batik tulis “Moch. Salam”. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, daftar pertanyaan, dan observasi langsung di tempat industri batik tulis “Moch. Salam” berada. Teknik analisis data menggunakan tabel persentase dan skoring indikator berdasarkan BPS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pekerja industri batik tulis “Moch. Salam” adalah sebagian besar atau 75% merupakan ibu rumah tangga,  semua pekerjanya adalah tetangga atau kerabat pemilik industri yang bertempat tinggal di lingkup Desa Ngaresrejo, serta pekerjaan membatik merupakan pekerjaan utama. Adapun tingkat kesejahteraan pekerja industri batik tulis berdasarkan indikator BPS adalah dalam tingkat kesejahteraan sedang.

Kata kunci: Tingkat kesejahteraan, pekerja, industri batik tulis

 

Published
2024-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 14