ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESADARAN LINGKUNGAN PADA SISWA JENJANG SMA DI SEKOLAH INDONESIA KUALA LUMPUR

  • Mawar Setya Ningrum State University of Surabaya
  • Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd. State University of Surabaya

Abstract

Abstrak

Kesadaran lingkungan siswa menjadi topik yang sangat penting dalam konteks keberlanjutan lingkungan. Kesadaran lingkungan dalam diri siswa dapat dibentuk oleh berbagai faktor. Sehingga perlu dianalisis terkait faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran lingkungan siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kesadaran lingkungan siswa SMA di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 85 siswa yang diperoleh dengan teknik proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner kesadaran lingkungan sebagai data kuantitatif dan wawancara sebagai data kompilasi untuk penguat. Instrumen penelitian berfokus pada faktor pemengaruh dari lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan diri sendiri. Analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal, lalu analisis data menggunakan model regresi logistik multinomial. Hasil analisis menunjukkan bahwa X1 (lingkungan sekolah), X2 (lingkungan keluarga), X3 (lingkungan masyarakat) dan X4 (diri sendiri) berpengaruh dengan baik, namun secara berurutan diperoleh hasil bahwa faktor lingkungan sekolah (X1) memiliki pengaruh sebesar 0,0321 kali, lingkungan keluarga (X2) sebesar 0,0263 kali, dan yang tertinggi yakni pengaruh berasal dari lingkungan masyarakat (X3) sebesar 0,0617 kali, serta pengaruh terendah dari faktor diri sendiri (X4) sebesar 0,0127 kali. Hal ini dipengaruhi budaya, perspektif, serta nilai dalam masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi pendidikan lingkungan yang holistik, berkelanjutan dalam kurikulum pendidikan,dan peran penting keluarga maupun sekolah dalam membentuk kesadaran lingkungan siswa. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program pendidikan lingkungan yang lebih efektif di SIKL guna meningkatkan kesadaran lingkungan siswa.

 

Kata Kunci: Budaya, Keberlanjutan, Kesadaran Lingkungan, Perspektif

  

Abstract

Students' environmental awareness is a very important topic in the context of environmental sustainability. Environmental awareness in students can be shaped by various factors. So it is necessary to analyze what factors influence students' environmental awareness. This research aims to analyze the factors that influence the environmental awareness of high school students at the Indonesian School in Kuala Lumpur.

The method used is quantitative with a sample of 85 students obtained using the proportionate stratified random sampling technique. The data collection tool uses environmental awareness questionnaires as quantitative data and interviews as compilation data for reinforcement. The research instrument focuses on influencing factors from the school environment, family, community and self. Prerequisite test analysis shows that the data is normally distributed, then data analysis uses a multinomial logistic regression model. The results of the analysis show that X1 (school environment), X2 (family environment), X3 (community environment) and , the family environment (X2) is 0.0263 times, and the highest is the influence that comes from the community environment (X3) of 0.0617 times, and the lowest influence is from self-factors (X4) of 0.0127 times. This is influenced by culture, perspectives and values in society. The implication of this research is the need for integration of holistic, sustainable environmental education in the education curriculum, and the important role of families and schools in forming students' environmental awareness. These findings can be used as a basis for developing more effective environmental education programs at SIKL to increase students' environmental awareness.

 

Keywords:  Culture, Sustainability, Environmental Awareness, Perspective


 

Published
2024-05-06
Section
Articles
Abstract Views: 0