PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT TERHADAP PENDAPATAN DI KECAMATAN MONTONG, KABUPATEN TUBAN
Abstract
Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat di Kecamatan Montong rata-rata belum mencapai target wajib belajar minimal 12 tahun. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh tingkat pendidikan masyarakat usia produktif terhadap jumlah pendapatan di Kecamatan Montong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan survei dengan instrumen berupa kuesioner tertutup kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil dari uji regresi linear sederhana diperoleh tingkat pendidikan berpengaruh cukup signifikan pada tingkat pendapatan individu. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yang dilakukan terdapat pengaruh sebesar 12,5% untuk pendidikan terhadap pendapatan. Peningkatan pendapatan tidak hanya juga dapat dipengaruhi faktor lain seperti pengeluaran, pendapatan tambahan, dan juga kebutuhan konsumsi. Pemerintah harus memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan dan memperluas lapangan pekerjaan non formal khususnya pertanian.