ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN TERHADP LAYANAN PRIMER OBJEK WISATA PANTAI WATU KARUNG KABUPATEN PACITAN
Abstract
Pantai Watu Karung merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Pacitan dengan jumlah kunjungan wisata terbanyak ke lima dengan jumlah kunjungan 116.205 jiwa pada tahun 2022. Hal ini menunjukan bahwa objek wisata ini mampu bersaing dengan objek wisata yang lain. Oleh karena itu, layanan primer objek wisata Pantai Watu Karung terus dikembangkan sehingga kepuasan wisatawan mengalami peningkatan dan menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan wisatawan terhadap atraksi, aksesibilitas, dan fasilitas wisata Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini berlokasi di Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke objek wisata Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan. Pengambilan sampel yang diguanakan didalam penelitian ini merupakan metode Nonprobability Sampling dengan teknik Accidental Sampling, dan jumlah responden yang diterima pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Pengukuran instrumen penelitian menggunakan skala likert, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman.
Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang kuat antara variabel saat diuji menggunakan uji korelasi rank spearman yakni (rsp= 0,505) untuk hubungan antara atraksi wisata menurut wisatawan Pantai Watu Karung, (rsp= 0,526) untuk hubungan aksesbilitias menurut wisatawan Pantai Watu Karung, (rsp= 0,607) untuk hubungan fasilitas menurut kepuasan wisatawan Pantai Watu Karung. Berdasarkan pengujian tersebut menunjukan bahwa layanan primer objek wisata Pantai Watu Karung memiliki hubungan dengan arah yang positif terhadap dan mempengaruhi kepuasan wisatawan.
Kata kunci: Atraksi, Aksesbilitas, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan