PENGARUH DAYA TARIK WISATA, MOTIVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA AIR TERJUN DLUNDUNG KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Darojatun Kholifah Atmanegara Student
  • Dr. Aida Kurniawati, S.Pd., M.Si. S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Objek wisata Air Terjun Dlundung merupakan salah satu objek wisata diminati yang ada di Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung 2) pengaruh motivasi terhadap kepuasan pengunjung 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung 4) pengaruh daya tarik wisata, motivasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Air Terjun Dlundung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di objek wisata Air Terjun Dlundung Kabupaten Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pengunjung yang sedang dan atau pernah berkunjung di objek wisata Air Terjun Dlundung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel 96 pengunjung. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian 1) Daya tarik wisata secara parsial memperoleh hasil thitung > ttabel (5,890 > 1,661) dan nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya daya tarik wisata berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. 2) Motivasi secara parsial memperoleh hasil thitung < ttabel (0,467 < 1,661) dan nilai Sig. > 0,05 (0,642 > 0,05) yang artinya motivasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. 3) Kualitas pelayanan secara parsial memperoleh hasil thitung > ttabel (2,196 > 1,661) dan nilai Sig. < 0,05 (0,031 < 0,05) yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. 4) Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) dan fhitung > ftabel (34,674 > 2,70)  yang artinya daya tarik wisata, motivasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.

Kata Kunci: daya tarik wisata, motivasi, kualitas pelayanan, kepuasan pengunjung

Abstract

The Dlundung Waterfall tourist attraction is one of the popular tourist attractions in Mojokerto Regency. This research aims to determine 1) the influence of tourist attractions on visitor satisfaction 2) the influence of motivation on visitor satisfaction 3) the influence of service quality on visitor satisfaction 4) the influence of tourist attractions, motivation and service quality on visitor satisfaction at the Dlundung Waterfall tourist attraction. The type of research used is associative research with a quantitative approach. The research location was carried out at the Dlundung Waterfall tourist attraction Mojokerto Regency. The population in this study were all visitors who were or had visited the Dlundung Waterfall tourist attraction. The sampling technique uses Nonprobability Sampling with the Accidental Sampling method with a sample size of 96 visitors. Data analysis used multiple linear regression with SPSS 23 for Windows. Research results 1) Tourist attraction partially obtained tcount > ttable (5.890 > 1.661) and Sig. < 0.05 (0.000 < 0.05) which means that tourist attractions have a positive effect on visitor satisfaction. 2) Motivation partially obtained tcount < ttable (0.467 < 1.661) and Sig. > 0.05 (0.642 > 0.05) which means that motivation has no effect on visitor satisfaction. 3) Service quality partially obtained tcount > ttable (2.196 > 1.661) and Sig. < 0.05 (0.031 < 0.05), which means that service quality influences visitor satisfaction. 4) Based on the results of the F test, the Sig value is obtained. < 0.05 (0.000 < 0.05) and fcount > ftable (34.674 > 2.70) which means that tourist attraction, motivation and service quality simultaneously influence visitor satisfaction.

Keywords: tourist attractions, motivation, service quality, visitor satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-03

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5