Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Kota Mojokerto Pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Kebencanaan
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO PADA MATERI MITIGASI BENCANA DAN ADAPTASI KEBENCANAAN
AbstrakKarakteristik pembelajaran geografi dibangun dengan mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, namun pembelajaran Geografi pada umumnya masih berorientasi pada guru, menghafal pengertian dan istilah geografi. Hal ini menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar geografi, sehingga siswa mengalami kesulitan belajar dan pada akhinya mempengaruhi hasil belajar Salah satu solusi masalah terebut adalah dengan menerapkan pembelajaran problem-based learning. Peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based.Penelitian ini merupakan Pre-experimental design dengan desain one-grup pretest-protest dilaksanakn dikelas XI-B3 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Penelitian ini berlangsung selama tiga kali pertemuan yang pelaksanaanya sesuai dengan Modul Ajar yang telah dibuat peneliti. Data yang diperoleh dari peneliti yaitu data minat siswa diperoleh dari lembar angket minat siswa, dan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test peserta didik kemudian dianalisis.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa minat siswa terhadap penerapan model problem based learning pada materi mitgasi dan adaptasi kebencanaan sebesar 86% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar pada materi mitigasi dan adaptasi kebencanaan pada siswa SMA negeri 2 Kota mojokerto kelas XI-B3.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, minat dan hasil belajar siwa, mitigasi dan adaptasi kebencanaan
Abstract
The characteristics of geography learning are built by linking the material taught with students' real- world situations and encouraging students to make connections between the knowledge they have and application in everyday life, but geography learning is generally still teacher-oriented, memorizing geographic definitions and terms. This causes students to be less motivated in studying geography, so that students experience learning difficulties and ultimately affect learning outcomes. One solution to this problem is to apply problem-based learning. Researchers conducted research aimed at describing student interests and student learning outcomes after implementing the problem based learning model.This research is a pre-experimental design with a one-group pretest-protest design carried out in class XI-B3 at SMA Negeri 2 Mojokerto City. This research took place over three meetings, the implementation of which was in accordance with the Teaching Module that the researcher had created. The data obtained from the researchers were student interest data obtained from the student interest questionnaire sheet, and student learning outcomes obtained from the results of the students' pre-test and post-test and then analyzed.Based on the results of data analysis, it can be concluded that student interest in applying the problem based learning model in disaster mitigation and adaptation material is 86% in the very high category. Student learning outcomes after using the problem based learning model were able to improve learning outcomes in disaster mitigation and adaptation material for students at SMA Negeri 2 Mojokerto City class XI-B3.
Keywords: Problem based learning model, student interests and learning outcomes, disaster mitigation and adaptation