ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN MODA TRANSPORTASI UMUM BUS TRANS JATIM KORIDOR 2 (SURABAYA-MOJOKERTO)

Authors

  • Bagas Luhur Panggalih Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T.

Abstract

Bus Trans Jatim Koridor 2 merupakan implementasikan sebagai respons terhadap permintaan akan sarana moda transportasi darat yang memungkinkan seseorang atau kelompok untuk melakukan perjalanan dari berbagai lokasi untuk melakukan kegiatan dengan rute dari Terminal Kertajaya, Mojokerto menuju Halte Medaeng. tujuan penelitian dari penelitian yaitu menganalisis faktor penarik untuk memilih Bus Trans Jatim koridor 2 sebagai moda transportasi dan menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bus Trans Jatim koridor 2.

Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penarikan sampel menggunakan Acciental Sampling sebanyak 100 orang penumpang. Data primer dalam penelitian tentang analisis kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bus Trans Jatim koridor 2 dengan teknik pengumpulan data secara kuesioner dan teknik wawancara kepada 100 penumpang. Data sekunder didapatkan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan hasil penelitian faktor yang menyebabkan para penumpang lebih memilih menggunakan Bus Trans Jatim koridor 2 dikarenakan berbagai hal seperti biaya yang terjangkau, lama tunggu dan lama perjalanan Bus Trans Jatim koridor 2 lebih cepat. Hasil perhitungan rata-rata skor kesebelas indikator yang didapat nilai sebesar 371 yang masuk dalam kategori kelas pertama (Sangat baik). Pada hasil penelitian yang telah dilakukkan menunjukkan bahwa semua variabel menunjukkan diskonfirmasi positif sehingga para pelanggan atau penumpang merasa senang dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak penyelanggara Bus Trans Jatim koridor 2. Hasil dalam penelitian yang didapatkan ini relevan dengan Oliver (1980) bahwa Kepuasan dihasilkan dari pelanggan dengan standar kinerja yang telah ditentukan. Diskonfirmasi positif terjadi ketika kinerja dianggap lebih baik dari ekspektasi yang telah ditentukan sehingga para pelanggan merasa senang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 10