PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA TEMA HIDROSFER (SUB BAB JENIS PERAIRAN SUNGAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 TANJUNGANOM, NGANJUK

  • MELISA DWI WULANSARI

Abstract

ABSTRAK
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke
penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa dalam
terjadinya proses belajar (Sadiman, 1996). Sesuai dengan wawancara yang dilakukan dengan guru Geografi
SMA Negeri 1 Tanjunganom, Nganjuk media pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan media
pembelajaran melainkan hanya metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1). Adakah perbedaan
hasil belajar siswa siswa yang yang menggunakan media maket dengan siswa yang menggunakan media power
point. 2). Adakah pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan media maket dengan siswa yang
menggunakan media power point pada pembelajaran Geografi kelas X dengan tema Hidrosfer (sub bab jenis
perairan sungai) dengan yang tidak menggunakan media maket dan, 3). Bagaimana persepsi siswa tentang
media maket pada pembelajaran Geografi kelas X dengan tema Hidrosfer (sub bab jenis perairan sungai).
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian Eksperimental menggunakan  nonequivalent control group
design terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas kontrol sebagai pembanding. Dalam desain
ini kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random tetapi dilihat dari nilai rata-rata kelas yang
sama. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas X-D sebagai kelas kontrol dan X-G sebagai kelas
eksperimen. Sebelum melakukan eksperimen pada masing-masing kelas diberikan pre test terlebih dahulu. Hasil
analisis ada perbedaan hasil belajar siswa dengan dua media yang berbeda yaitu media maket dan power point
dibuktikan denJDQDQDOLVLV6366XML7GXDVDPSHOEHEDVEDKZDKDVLODQDOLVLVȡĮ3HQJJXQDDQ
media maket  ternyata memiliki hasil yang lebih baik secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dari pada media power point, hal ini membuktikan bahwa penggunaan media maket mempengaruhi hasil
belajar siswa. Siswa kelas X-G memberikan persepsi baik terhadap media maket pada materi hidrosfer sub bab
jenis perairan sungai dengan presentase sebesar 77,32.

Kata kunci : Penggunaan media maket, hasil belajar siswa

Published
2013-12-23
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 202