PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA PABEAN KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO
Abstract
ABSTRAK
Kondisi sosial dan ekonomi merujuk pada posisi seseorang atau kelompok pada struktur sosial berdasarkan faktor ekonomi, seperti pendapatan, pekerjaan, dan pendidikan. Dengan tingginya tingkat pendidikan anak di Desa Pabean penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat pendidikan anak di Desa Pabean. Mengetahui kondisi ekonomi orang tua di Desa Pabean dapat diukur dengan beberapa indikator salah satunya adalah penghasilan orang tua. Sesuai dengan data primer peneliti penghasilan sesuai dengan UMK ( Upah Minimum Kabupaten ) Sidoarjo yakni sebesar Rp 4.638.000. Penghasilan tersebut termasuk kedalam kelash menengah.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif metode survei dengan jumlah populasi sebanyak 4.611 dan 70 sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode pengisian kuesioner atau angket yang sudah melewati uji validitas dan reliabilitas. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi berganda, verifikasi data dengan penggunaan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial orang tua terhadap tingkat pendidikan anak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Koefisien regresi positif sebesar 0,400 dan nilai t hitung sebesar 4,320 juga menegaskan bahwa hipotesis H0 diterima. 2. Tidak terdapat pengaruh antara kondisi ekonomi orang tua terhadap tingkat pendidikan anak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,766, koefisien regresi negatif sebesar 0,038, dan nilai t hitung sebesar -0,298. Signifikansi nilai 0,766 > 0,05 menunjukkan H1 ditolak. Penelitian ini menggaris bawahi peran penting faktor sosial orang tua pada membentuk hasil pendidikan anak.
Kata Kunci: Kondisi sosial orang tua, Kondisi ekonomi orang tua, Tingkat Pendidikan anak
ABSTRACT
Social and economic conditions refer to the position of a person or group in the social structure based on economic factors, such as income, employment, and education. With the high level of education of children in Pabean Village this research aims to analyze the influence of parents' socio-economic conditions on children's education level in Pabean Village. Knowing the economic condition of parents in Pabean Village can be measured using several indicators, one of which is parents' income. In accordance with the researcher's primary data, the income according to the Sidoarjo UMK (Regency Minimum Wage) is IDR 4,638,000. This income is included in the middle class.
This research applies a quantitative survey method approach with a population of 4,611 and 70 research samples. Sampling uses a questionnaire method that has passed validity and reliability tests. This research also uses multiple regression analysis, data verification using the classic assumption test.
The research results show that, 1. There is a significant influence between parents' social conditions on children's education level, with a significance value of 0.000. The positive regression coefficient of 0.400 and the calculated t value of 4.320 also confirm that the hypothesis H0 is accepted. 2. There is no influence between parents' economic conditions on children's education level, with a significance value of 0.766, a negative regression coefficient of 0.038, and a calculated t value of -0.298. The significance value of 0.766 > 0.05 indicates that H1 is rejected. This research highlights the important role of parental social factors in shaping children's educational outcomes.
Keywords: Social conditions of parents, economic conditions of parents, level of education of children