PERAN PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAAN WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI OBJEK WISATA HUTAN PINUS WONOSALAM
Abstract
Objek Wisata Hutan Pinus Wonosalam merupakan salah satu wisata yang ada di Wonosalam Kabupaten Jombang. Objek wisata ini menawarkan keindahan hutan pinus yang masih asri dengan beragam fasilitas yang menarik. Namun, objek wisata yang seharusnya ramai pengunjung justru mengalami penurunan jumlah pengunjung sejak pandemi hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat peran promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan terhadap objek wisata Hutan Pinus Wonosalam.
Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan pendekatan asosiatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi lier berganda yang didukung oleh aplikasi SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi memiliki peran positif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Hutan Pinus Wonosalam. Kualitas pelayanan secara parsial berperan positif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Hutan Pinus Wonosalam Kepuasan wisatawan berperan positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Hutan Pinus Wonosalam. Secara simultan, promosi, kualitas pelayanan, dan kepuasan wisatawan memiliki peran positif terhadap keputusan berkunjung di objek wisata Hutan Pinus Wonosalam.
Kata Kunci : Objek Wisata Hutan Pinus Wonosalam, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Wisatawan, Keputusan Berkunjung