Perbedaan Hasil Belajar Geografi Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Muka Bumi  Kelas X Tahun Ajaran 2012/2013 Madrasah Aliyah Assulaimaniyah Mojoagung

  • RULLY ARDIANSYAH

Abstract

Abstrak
  Media pembelajaran merupakan wahana yang memudahkan siswa untuk memperoleh informasi,
pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Masalah yang sering dihadapi
guru dalam pembelajaran adalah memilih media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran agar
siswa dapat memahami secara utuh pelajaran yang disampaikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan media pembelajaran Microsoft PowerPoint
secara bertahap dan menyeluruh berdasarkan teori beban kognitif  pada materi hidrosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi.  Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial
3×1. Sumber penelitian ini didapat dari siswa, ahli media, dan ahli materi yang didapat dari angket
penelitian. Untuk data hasil belajar diperoleh melalui tes yaitu prates dan postes.Hasil penelitian
berdasarkan nilai postes siswa menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan media PowerPoint bertahap
memiliki rata-rata nilai 88,88 lebih baik dari pada kelas yang menggunakan media PowerPoint menyeluruh
yaitu 83,69, sedangkan kelas yang menggunakan media PowerPoint menyeluruh mempunyai nilai rata-rata
lebih baik daripada kelas tanpa media yaitu 76,33 sehingga perbedaan yang signifikan terjadi diantara tiga
kelas tersebut ini dibuktikan pada hasil uji anava satu jalur yang mempunyai hasil nilai Sig. 0,000 hal ini
menunjukkan ada perbedaan, maka H0  ditolak dan H1  diterima. Dengan kata lain media PowerPoint
memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar: (1) guru dapat
menggunakan media PowerPoint dengan cara penyampaian bertahap dalam pembelajaran, (2) siswa dapat
membuat media PowerPoint untuk membantu dalam mengingat materi pembejalaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teori Beban  Kognitif, Hasil Belajar Geografi

Published
2014-01-15
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 56