Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Waduk (Studi Kasus Waduk Gondang Desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan)
Abstract
Abstrak
Pemanfaatan Waduk Gondang secara lokal oleh masyarakat Desa Gondanglor cukup berperan dalam kehidupan sehari-hari dimana sebagian masyarakat memanfaatkan waduk dalam aktivitas perekonomiannya seperti pada sektor pertanian, pariwisata, dan perikanan. Namun terdapat permasalahan terkait keberadaan sampah di sekitar area perairan maupun lingkungan sekitar waduk sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan fungsi dari waduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis partisipasi masyarakat dan menganalisis hubungan tingkat pendidikan dengan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan waduk.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 91 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, wawancara terstruktur, dan studi literatur dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji korelasi kendal tau b.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) jenis-jenis partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Waduk Gondang antara lain partisipasi ide termasuk dalam kategori rendah, partisipasi tenaga termasuk dalam kategori rendah, dan partisipasi uang termasuk kategori rendah; (2) hubungan antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan waduk gondang tidak terdapat hubungan signifikan dengan perolehan nilai sig 0,061 > 0,05; (3) hubungan antara tingkat pendidikan formal ditunjang tingkat pendidikan non formal juga tidak terdapat hubungan secara signifikan dengan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan waduk dengan perolehan nilai sig 0,113 > 0,05. Faktor pendidikan baik formal maupun non formal hanya mampu menjelaskan sebagian kecil pengaruhnya dengan partisipasi masyarakat, sehingga pengaruh dari variabel atau faktor lain diidentifikasi lebih berkorelasi dengan partisipasi masyarakat antara lain faktor ekonomi, faktor kesadaran masyarakat, faktor sosial budaya, faktor kebijakan terkait pengelolaan waduk, dan faktor jarak rumah masyarakat ke waduk.
Kata kunci : Tingkat Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Waduk
Abstract
Local use of the Gondang Reservoir by the people of Gondanglor Village plays a significant role in daily life where some people use the reservoir in their economic activities such as in the agricultural, tourism and fisheries sectors. However, there are problems related to the presence of waste around the water area and the environment around the reservoir, which can affect the quality and function of the reservoir. This research aims to identify types of community participation and analyze the relationship between education level and community participation in reservoir management.
The research method used is a quantitative method with a survey research type. Sampling is carried out using techniques simple random sampling with the number of samples used being 91 respondents. Data collection was carried out by observation, questionnaires, structured interviews, and literature study with data analysis techniques using descriptive percentage analysis and the Kendal Tau b correlation test.
The research results show that: (1) the types of community participation in the management of the Gondang Reservoir include idea participation in the low category, energy participation in the low category, and money participation in the low category; (2) there is no significant relationship between the level of formal education and community participation in the management of the Gondang reservoir with a sig value of 0.061 > 0.05; (3) there is no significant relationship between the level of formal education and the level of non-formal education with community participation in reservoir management with a sig value of 0.113 > 0.05. Education factors, both formal and non-formal, are only able to explain a small part of their influence on community participation, so that the influence of other variables or factors identified as being more correlated with community participation include economic factors, community awareness factors, socio-cultural factors, policy factors related to reservoir management, and factor of the distance from people's houses to the reservoir.
Keywords : Education Level, Community Participation, Reservoir Management