PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA/MA
DEVELOPMENT OF ELECTRONIC LEARNER WORKSHEETS (E-LKPD) BASED ON WORDWALL APPLICATION ON INTEREST AND LEARNING OUTCOMES IN GEOGRAPHY SUBJECTS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Balongpanggang untuk mengidentifikasi masalah minat dan hasil belajar rendah dalam mata pelajaran geografi. Berdasarkah hasil penilaian sumatif siswa kelas XI pada Mata pelajaran geografi tahun 2023, menunjukkan bahwa terdapat 60% siswa mendapatkan nilai di bawah 70 dan 40% siswa mendapatkan nilai di atas 70. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui kelakayakan E-LKPD berbasis aplikasi wordwall, 2) Mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis aplikasi wordwall terhadap minat, 3) Mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis aplikasi wordwall terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan beberapa instrumen penelitian seperti: instrumen validasi dosen ahli dan guru mata pelajaran untuk mengetahui kelayakan dari E-LKPD berbasis aplikasi wordwall, instrumen kuesioner untuk mengetahui minat belajar peserta didik, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan : Uji validitas, Analisis deskriptif presentase, N-Gain score, dan Uji-t.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu : 1) Berdasarkan uji validasi yang dilakukan melalui validasi dosen ahli dan guru mata pelajaran geografi mengenai kelayakan E-LKPD berbasis aplikasi Wordwall, dapat dikatakan layak dengan hasil keseluruhan sebesar 88,3% dari dosen ahli dan 86, 8% dari guru mata pelajaran, 2) Berdasarkan analisis deskriptif presentase yang dilakukan melalui kuesioner minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 75, 58 % menjadi 78,1% pada mata pelajaran geografi, 3) Berdasarkan N-Gain score dan Uji-t yang dilakukan melalui pretest dan postest mengalami peningkatan dengan perolehan hasil rata-rata dari 54,28 menjadi 80,14. N-gain score yang diperoleh sebesar 57,14% (0,57) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis aplikasi wordwall cukup efektif dalam pembelajaran geografi dan hasil Uji-t yang diperoleh sebesar 0.00, dimana nilai signifikan < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan postest.
Kata Kunci : E -LKPD, Wordwall, Minat, dan Hasil Belajar
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Balongpanggang untuk mengidentifikasi masalah rendahnya minat dan hasil belajar mata pelajaran geografi. Berdasarkan hasil penilaian sumatif siswa kelas XI mata pelajaran geografi tahun 2023 menunjukkan bahwa terdapat 60% siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 dan 40% siswa yang memperoleh nilai diatas 70. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis aplikasi wordwall, 2) Mengetahui keefektifan E-LKPD berbasis aplikasi wordwall terhadap minat, 3) Mengetahui keefektifan E-LKPD berbasis aplikasi wordwall terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan beberapa instrumen penelitian seperti: instrumen validasi dosen ahli dan guru mata pelajaran untuk mengetahui kelayakan aplikasi E-LKPD berbasis wordwall, instrumen angket untuk mengetahui minat belajar siswa, dan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan: Uji validitas, analisis persentase deskriptif, skor N-Gain, dan uji-t.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Berdasarkan uji validitas yang dilakukan melalui validasi dosen ahli dan guru mata pelajaran geografi mengenai kelayakan E-LKPD berbasis aplikasi Wordwall dapat dikatakan layak dengan hasil keseluruhan sebesar 88,3% dari dosen ahli dan 86,8% dari guru mata pelajaran, 2). Berdasarkan analisis deskriptif persentase yang dilakukan melalui angket minat belajar siswa mengalami peningkatan dari 75,58% menjadi 78,1% pada mata pelajaran geografi, 3) Berdasarkan skor N-Gain dan uji-t yang dilakukan melalui pretest dan postest mengalami peningkatan dengan perolehan hasil rata-rata dari 54,28 menjadi 80,14. Nilai N-gain yang diperoleh sebesar 57,14% (0,57) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi E-LKPD berbasis wordwall cukup efektif dalam pembelajaran geografi dan hasil uji-t yang diperoleh sebesar 0,00 yang mana nilai signifikansinya < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest.
Kata Kunci: E-LKPD, Wordwall, Minat dan Hasil Belajar