Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X Tahun Ajaran 2012/2013 SMA Mardi Siwi Surabaya

  • ANNISAUL BARIROH

Abstract

Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor
dari luar siswa. Hasil belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yaitu geografi,
ekonomi, sosiologi dan sejarah menunjukan bahwa hasil belajar geografi pada siswa kelas X SMA Mardi Siwi Surabaya tahun
ajaran 2012/2013 pada semester ganjil memiliki nilai rata-rata yaitu 61 dan pada semester genap memiliki rata-rata 65,
sehingga nilai pada mata pelajaran geografi belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Masalah kedua yang
terdapat  dikelas X SMA Mardi Siwi Surabaya yaitu adanya perbedaan perlakuan dari sekolah kepada siswa yang berstatus
sebagai atlet dan yang berstatus bukan atlet di dalam (KBM) Kegiatan Belajar Mengajar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor daya tarik mata pelajaran, frekuensi lama
belajar siswa, sikap siswa pada mata pelajaran geografi terhadap ketidaktuntasan hasil belajar mata pelajaran geografi di
kelas X SMA Mardi Siwi Surabaya, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran geografi antara siswa
yang berstatus sebagai atlet dan yang berstatus bukan atlet di kelas X SMA Mardi Siwi Surabaya. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian sensus. Lokasi penelitian yaitu di SMA Mardi Siwi Surabaya yang berada di desa Ploso,
kecamatan Tambaksari Surabaya. Sampel responden di kelas X sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket,
dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Uji statistik yang digunakan
untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan uji chi square, sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada
mata pelajaran geografi antara siswa yang berstatus atlet dan yang berstatus bukan atlet yaitu menggunakan uji T
Independent Sample Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis dengan uji chi square menunjukkan ada pengaruh yang signifikan
antara daya tarik terhadapa mata pelajaran (p=0,002), frekuensi lama belajar (p=0,025), sikap siswa  (p=0,010), terhadap
ketidaktuntasan hasil belajar mata pelajaran geografi di SMA Mardi Siwi Surabaya. Hasil analisis dengan uji T Independent
Sample Test terdapat perbedaan hasil belajar pada semester ganjil (0,015) dan genap (0.007) antara siswa yang berstatus
atlet danyang berstatus bukan atlet.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Published
2014-01-21
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 1422