Pengaruh Industri Gula Kelapa Terhadap Kondisi Ekonomi Rumah Tangga Pra Sejahtera Di desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur

  • ANGGA PRAYUDHA

Abstract

Abstrak

               Desa Sendang merupakan desa yang terletak di pesisir pantai dengan ketinggian 234 meter diatas permukaan laut, sehingga memungkinkan untuk tumbuhnya tanaman kelapa (monografi Desa Sendang 2008). Kondisi inilah yang menyebabkan penduduk desa Sendang memanfaatkan pohon kelapa untuk industri gula kelapa. Usaha industri gula kelapa ini dikelola oleh sejumlah 591 kepala rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi rumah tangga pra sejahtera di Desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, (2) Untuk mengetahui pengaruh industri gula kelapa terhadap kondisi ekonomi rumah tangga pra sejahtera di desa Sendang Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

                 Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan deskripsi kuantitatif dengan prosentase. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah  591 Kepala Rumah Tangga Pra Sejahtera. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan sampel sebanyak 15% dari populasi atau sejumlah 88,65 dibulatkan menjadi 89 kepala rumah tangga Pra Sejahtera di tujuh dusun yaitu dusun Kendal\, dusun Sambi, dusun Kaliaren, dusun Krajan, dusun Gedangan, dusun Guworejo, dusun Ngejring, dari delapan dusun yaitu dusun Gebang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif dengan prosentase.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi rumah tangga pra sejahtera di desa Sendang ini terdiri dari delapan dusun yaitu dusun Kendal, dusun Sambi, dusun Kaliaren, dusun Krajan, dusun Gedangan, dusun Guworejo, dan dusun Ngejring paling banyak yaitu berjumlah 3 sampai 5 orang sebanyak 54 responden dari 89 responden atau sebesar 60,7 %. Karena dengan jumah anggota keluarga yang besar, penghasilan yang diperoleh kepala keluarga hanya mampu digunakan untuk makan saja. Sehingga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga akan sangat sulit. Dalam kehidupan rumah tangga Pra Sejahtera ini masyarakat desa Sendang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan cara menciptakan lapangan kerja baru sebagai tambahan penghasilan yang merupakan usaha turun temurun yaitu industri Gula Kelapa sejak tahun 1997 sampai sekarang.

 

Kata Kunci : Industri Gula Kelapa

Published
2014-01-22
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 110