Analisis Kepuasan Penumpang Angkot Si Benteng Berbasis Standar Pelayanan Minimal (SPM) (Studi Kasus: Trayek AP.1D, Rute Terminal Cimone–Soleh Ali)

Authors

  • Fitria Nuraziza Student
  • Dra. Ita Mardiani Zain, M.Kes.

Abstract

Angkot Si Benteng merupakan sebuah solusi atas masalah kemacetan di Kota Tangerang yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Namun, berdasarkan hasil observasi melalui portal berita, kehadiran angkot Si Benteng memunculkan berbagai respon negatif dari masyarakat, seperti gangguan fasilitas, waktu tunggu yang lama, dan kendala transaksi. Kajian mengenai kepuasan penumpang berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) diperlukan agar menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas layanan jasa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan penumpang angkot Si Benteng Trayek AP.1D berdasarkan aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, kesetaraan, keteraturan, dan keterjangkauan.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian adalah penumpang angkot Si Benteng Trayek AP.1D. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling dan menggunakan rancangan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisisan kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik skoring skala likert.

Hasil penelitian kepuasan penumpang angkot Si Benteng trayek AP.1D menunjukkan bahwa aspek keamanan memperoleh nilai skor 400 (sangat baik), aspek keselamatan dengan nilai skor 358 (sangat baik), aspek kenyamanan dengan nilai skor 368 (sangat baik), aspek keterjangkauan dengan nilai skor 379 (sangat baik), aspek kesetaraan dengan nilai skor 364 (sangat baik), dan aspek keteraturan dengan nilai skor 218,5 (buruk) sehingga diperoleh nilai skor secara kseseluruhan sebesar 343,2 (sangat baik).

Kata kunci: Kepuasan Penumpang, Standar Pelayanan Minimal, Angkot Si Benteng

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-22

Issue

Section

Articles
Abstract views: 27