Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X Di SMAN 1 Kebomas
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas tidak ada batasan bagi guru dan pendidik untuk memaksimalkan potensi siswa mereka serta telah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi semua tahapan prosedur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Geografi, mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, dan asesmen pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas, serta mengidentifikasi kendala penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran geografi di SMAN 1 Kebomas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Geografi di SMAN 1 Kebomas. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep ataupun teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan Kurikulum merdeka belajar di SMAN 1 Kebomas terlaksana dengan baik. Dalam kurikulum merdeka pada pelaksanaan pembelajaran geografi, siswa lebih aktif dalam menyuarakan pendapat. Namun, pelaksanaan kurikulum ini juga terdapat kendala yaitu pendidik tidak siap untuk menerapkan kurikulum merdeka, waktu yang terbatas, dan pendidik sulit untuk mengevaluasi dan menerapkan pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 64