KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOT DAN QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI GEOPOLITIK INDONESIA SEBAGAI POTENSI MENJALIN KERJASAMA INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMAN 3 LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, media Pembelajaran Kahoot dan Media Pembelajaran Quizizz pada materi Geopolitik Indonesia sebagai potensi menjalin kerjasama internasional pada siswa Kelas XII SMAN 3 Lamongan. Dalam penelitian ini digunakan tiga kelas yakni kelas kontrol, kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2. Jumlah siswa keseluruhan 3 kelas adalah 90 siswa dengan 20 soal Pretest dan Posttest. Untuk analisis menggunakan metode analis One Way Anova. Didapati hasil uji hipotesis dipeoleh Fhitung =16,798 dan untuk Ftable dicari pada tabel titik persentase distribusi t dengan cara db1 = 2 dan db2 =87 maka didapatkan Ftabel = 3,10 dengan demikian 16,789 > 3,10 maka H₀ ditolak sehingga kesimpulanya ketiga rata-rata sampel data tidak sama. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan perbandingan antara ketiga penerapan media pembelajaran. Dengan media pertama yakni konvensional media kedua aplikasi Quizizz dan ketiga Aplikasi Kahoot. Pertama perbandingan antara pembelajaran Konvensional dengan pembelajaran media Quizizz didapati tidak terjadi perbedaan yang signifikan antara kedua media tersebut. Sedangkan perbandingan antara media konvensional dengan media Kahoot mendapatkan nilai signifikan yang cukup memenuhi syarat dan terdapat perbedaan yaang signifikan
Downloads
Published
Issue
Section
