ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN FEEDER WIRAWIRI SUROBOYO KORIDOR FD06

Authors

  • Erina Meinanda Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Muzayanah, S.T., M.T. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

             Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06 merupakan salah satu inovasi transportasi umum yang dihadirkan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor utama penumpang lebih memilih menggunakan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06 dan menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik accidental sampling sebanyak 100 penumpang dengan kriteria sampel telah menggunakan layanan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06 minimal dua kali. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, pengisian kuesioner, dan dokumentasi. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen arsip UPTD Pengelolaan Transportasi Umum Kota Surabaya dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik skoring yang berdasarkan perhitungan skala likert.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama penumpang lebih memilih menggunakan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06 karena tarif yang terjangkau. Faktor utama lainnya adalah fasilitas yang lengkap dan modern, terjadwal, rute searah dengan rumah, serta bisa membawa barang yang banyak. Hasil perhitungan rata–rata skor dari kedua puluh indikator menunjukkan nilai 460,95 yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan teori Expectation Confirmation Model, semua variabel telah berkontribusi dalam menyediakan layanan bermanfaat, memenuhi ekspektasi, dan memberikan pengalaman perjalanan yang memuaskan, sehingga penumpang akan terus menggunakan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06. Diharapkan Feeder Wirawiri Suroboyo koridor FD06 dapat menjadi pilihan utama masyarakat sebagai moda transportasi dalam upaya mengurangi kemacetan di Kota Surabaya.

Kata Kunci: Tingkat Kepuasan Penumpang, Pelayanan, Feeder, Wirawiri Suroboyo

Abstract

             Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06 is one of the public transportation innovations introduced by the Surabaya City Transportation Agency. This research aims to analyze the main factors influencing passengers to prefer using Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06 and to evaluate passenger satisfaction with the service provided by Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06. This study employs a descriptive method with a quantitative approach. The sampling in this research was conducted using accidental sampling techniques involving 100 passengers, with the criteria that the sample had to have used the Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06 service at least twice. Primary data in this study were obtained through observation, questionnaires, and documentation. Secondary data were gathered from archival documents of the UPTD Public Transportation Management Unit of Surabaya City and literature studies. The data analysis technique in this study uses a scoring method based on Likert scale calculations.

             The research results show that the main factor influencing passengers to choose Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06 is its affordable fare. Other key factors include its comprehensive and modern facilities, scheduled services, routes aligned with passengers homes, and the ability to carry a significant amount of luggage. The average score calculation from the twenty indicators shows a value of 460,95, categorized as excellent. Based on the Expectation Confirmation Model theory, all variables have contributed to providing a beneficial service, meeting expectations, and delivering a satisfying travel experience, leading passengers to continue using Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06. Feeder Wirawiri Suroboyo corridor FD06 is expected to become the primary choice for the community as a mode of transportation to help reduce congestion in Surabaya.

Keywords : Passenger Satisfaction Level, Service, Feeder, Wirawiri Suroboyo

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 138