Efektivitas Baamboozle Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Penginderaan Jauh Kelas X SMA

Authors

  • Jumaslina Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Sukma Perdana Prasetya, S.Pd., M.T. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil ulangan yang menunjukkan bahwa 90% siswa kelas X SMAN 2 Sidoarjo belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Rapor sementara juga menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai hasil belajar yang optimal dalam mata pelajaran Geografi, khususnya pada materi Penginderaan Jauh. Kondisi ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Baamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi penginderaan jauh di kelas X. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain The Non-Equivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol memperoleh pembelajaran secara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan perlakuan menggunakan media Baamboozle. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa kelas X SMAN 2 Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Angket diberikan sebelum dan setelah perlakuan untuk mengukur perubahan motivasi belajar siswa. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Baamboozle meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan dibandingkan pembelajaran konvensional menggunakan media PowerPoint. Rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 65,88 sebelum perlakuan menjadi 93,25 setelah perlakuan. Rata-rata motivasi belajar pada kelas kontrol meningkat dari 67,19 menjadi 80,05. Nilai uji-t menunjukkan t = 9,234 dengan derajat kebebasan (df) = 70. Nilai signifikansi (Sig. Two-Tailed) < 0,001, lebih kecil dari 0,05. Interval kepercayaan 95% berada pada rentang 10,34458 hingga 16,04431. Penggunaan media Baamboozle efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Media Baamboozle dapat digunakan sebagai alternatif yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi penginderaan jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-16

Issue

Section

Articles
Abstract views: 154 , PDF Downloads: 164