ANALISIS HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMAN 16 SURABAYA
ANALISIS HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMAN 16 SURABAYA
Abstract
Hasil observasi pada saat PLP, siswa yang mengikuti PTS pada tiga kelas belum lulus KKTP sekolah yaitu 75, yang artinya siswa masih harus dilibatkan dalam kegiatan remidial. Rendahnya hasil belajar diduga disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk belajar. Dibuktikan dengan masih adanya siswa yang kurang aktif belajar, bermain dengan teman seperti yang dijelaskan guru, tidak konsentrasi belajar, atau bahkan mencatat untuk menyontek saat ujian Tujuan penelitian untuk menganalisis 1) gaya belajar 2) motivasi belajar dan 3) hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X IPS mata pelajaran Geografi di SMAN 16 Surabaya
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini terdapat di SMAN 16 Surabaya. Populasi dan sampel penelelitian adalah siswa kelas X IPS SMAN 16 Surabaya yang berjumlah tiga kelas dengan total 97 Siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan korelasi pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya belajar kelas X IPS 1 dan X IPS 2 didominasi oleh gaya belajar visual dengan persentase rata-rata sebesar 647,40 dan 69,77% dan gaya belajar kelas X IPS 3 didominasi oleh gaya belajar auditorial dengan persentase rata-rata sebesar 67,03% 2) Motivasi belajar kelas X IPS di SMAN 16 Surabaya tinggi dengan persentase rata-rata sebesar 78,80%, 78,92% dan 83,12% 3) Ada hubungan yang kuat sebesar 0,676 dan sangat kuat sebesar 0,928 antara motivasi dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Kata Kunci: gaya belajar, motivasi belajar, hasil belajar Geografi
Downloads
Published
Issue
Section

