PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA INTRUSI DAN EKSTRUSI MAGMA SEBAGAI BAHAN AJAR GEOGRAFI PADA MATERI PROSES VULKANISME KELAS X SMAN 12 SURABAYA
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah penggunaan media pembelajaran. Kurangnya penggunaan media yang mampu menunjang proses ini dapat mengakibatkan guru kurang maksimal dalam menyampaikan materi sehingga pada saat proses pembelajaraan berlangsung cenderung monoton dan membosankan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat menghubungkan konsep-konsep abstrak tersebut menjadi lebih konkrit dan mudah dipahami. Penggunaan media pembelajaran yang efektif mampu meningkatkan hasil belajar, minat belajar, aktivitas serta respon siswa selama kelas berlangsung. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dan aktivitas siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan tes dari sampel penelitian berdasarkan purposive sampling dengan karakteristik kelas yang memiliki nilai rata-rata terendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Respon siswa di kelas eksperimen mendapatkan persentase sebesar 88,19% atau ‘sangat layak’. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan independent T-test pada nilai pre-test didapatkan hasil sebesar 0,163 yang dimana >0.05, sehingga kedua kelas memiliki kemampuan awal yang setara Didapatkan juga hasil T-test pada nilai post-test pada taraf signifikansi 5% dengan p < 0,05. Diketahui juga nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih dari 0,05 (p= 0,000<0,05) sehingga terjadi perbedaan yang signifikan. 3) Aktivitas belajar guru dan siswa mendapat rata-rata sebesar 98% atau ‘sangat layak’
Downloads

