Pengaruh Multiple Intelligences Terhadap Pembentukan Kompetensi Calon Guru Dalam Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Bagi Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik dan profesional bagi calon guru dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 yang dituntut untuk mengakomodir keberagaman siswa. Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menjadi salah satu upaya sistematis dalam menyiapkan mahasiswa calon guru agar memiliki pengalaman langsung di sekolah dan mampu mengembangkan keterampilan mengajar yang adaptif. Teori Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Howard Gardner menjadi landasan dalam penelitian ini, mengingat bahwa setiap individu memiliki kecerdasan yang beragam dan dapat menjadi faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya yang telah mengikuti PLP pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Sampel berjumlah 88 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dengan skala Likert dan dokumentasi penilaian guru pamong. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan verbal-linguistik, interpersonal, intrapersonal, berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik. Kecerdasan visual-spasial dan naturalis berpengaruh terhadap kompetensi professional calon guru. Penilaian guru pamong juga digunakan untuk memperkuat temuan ini, menunjukkan bahwa multiple intelligence berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan PLP.
Kata kunci: kecerdasan majemuk, geografi, PLP
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 23