Implementasi PjBL Berbasis Video Pada Materi Dinamika Pedosfer Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Sidoarjo

Authors

  • Moch. Syaiful Ichsan Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Sri Murtini, M.Si. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 4 Sidoarjo karena situasi kelas saat pembelajaran yang kurang menarik dan kurang relevan dengan kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah implementasi model Project based learning dan model konvensional pada materi dinamika pedosfer.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas X-B dan X-D yang berjumlah 72 siswa. Tes dan angket digunakan untuk teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan uji analisis motivasi serta uji independent sample t test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memperoleh nilai sebesar 86,9% atau berkategori tinggi untuk kelas eksperimen. Sedangkan motivasi belajar kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 73,5% yang berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang di uji dengan independent sample t-test memproleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang bermakna atau signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan PjBL dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi dinamika pedosfer

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 11