PENGEMBANGAN MEDIA GEOGRAPHY GAME MATERI DINAMIKA LITOSFER MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BANGKALAN
Abstract
Ditemukan permasalahan dalam pembelajaran geografi di SMAN 1 Bangkalan, di mana 61% siswa kelas X IPS 9 dan X IPS 10 belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar dan penggunaan metode ceramah yang cenderung membosankan. Mengingat popularitas game di kalangan siswa (ada 96,5% pengguna internet berusia 16-64 tahun di Indonesia yang memainkan video game per Januari 2024) dan ketersediaan teknologi smartphone, pengembangan game edukasi menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) kelayakan media 2) minat belajar siswa 3) hasil belajar siswa
Penelitian pengembangan media Construct 2 merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 1 Bangkalan kelas X tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling, kelas X IPS 9 sebagai kelas ekperimen dan kelas X IPS 10 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media pembelajaran Construct 2 berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes hasil belajar melalui t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran Construct 2 terbukti sangat layak digunakan berdsasaran validasi dari ahli materi sebesar 92%, ahli media 85,3%, dan tanggapan guru mencapai 96,36%. 2) Adanya peningkatan minat belajar siswa terlihat dari rata-rata persentase ketercapaian aktivitas siswa selama tiga pertemuan sebesar 94.29%, yang berada dalam kategori "Sangat Baik". 3) Hasil uji independent sample t-test post-test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media Construct 2 dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran LKS pada materi dinamika litosfer.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Construct 2, model pengembangan ADDIE, hasill belajar geografi
Downloads

