PENGARUH KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI MITIGASI BENCANA SMA DAPENA 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik di SMA Dapena 1 Surabaya dalam materi mitigasi bencana. Data awal menunjukkan skor kemampuan berpikir kreatif yang belum optimal serta minimnya orisinalitas siswa dalam menghasilkan solusi pemecahan masalah yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kreativitas peserta didik melalui penerapan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi mitigasi bencana di SMA Dapena 1 Surabaya.
Penelitian dilakukan dengan melibatkan 50 siswa dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa XI IPS 2 dan kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa XI IPS 1. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Data diperoleh melalui pengukuran keterampilan kreativitas siswa, baik individu maupun dalam diskusi kelompok, serta analisis perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan kreativitas siswa, terutama dalam aspek berpikir kritis, kolaborasi, dan aplikasi materi mitigasi bencana dalam proyek nyata. Analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen, yang mengindikasikan bahwa PjBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Sementara itu, keterampilan kolaboratif dalam diskusi kelompok masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat merangsang kreativitas siswa, memperdalam pemahaman materi, dan meningkatkan keterampilan aplikatif dalam konteks mitigasi bencana, meskipun tantangan dalam kerja kelompok perlu diatasi lebih lanjut.
Downloads
Abstract views: 23
,
PDF Downloads: 354