FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KURANG DIMINATINYA RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA TANAH MERAH I DAN TANAH MERAH II KELURAHAN TANAH KALIKEDINDING KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA (Menurut Persepsi Masyarakat Kelurahan Tanah Kalikedinding)

  • M. DWI ARVIANTO NUGROHO

Abstract

M Dwi Arvianto N

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, arviantonugroho@gmail.com

Drs. H. Daryono, M.Si

Dosen Pembimbing Mahasiswa

Abstrak

                                Pertumbuhan penduduk selain membawa kemajuan di berbagai bidang, di sisi lain juga menuntut pemerintah untuk memenuhi kebutuhan fasilitas publik yang memadai, termasuk kebutuhan rumah layak huni bagi semua warganya. Di daerah perkotaan ketersediaan lahan sangat terbatas oleh karena itu kebutuhan tersebut sulit terpenuhi. Pemerintah kota Surabaya mengeluarkan kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu diantaranya adalah dengan membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebagai alternatif hunian yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Salah satu rusunawa yang terdapat di kota Surabaya adalah rusunawa Tanah Merah I dan Tanah Merah II yang berada dalam satu kawasan. Namun dalam kenyataannya pada rusunawa Tanah Merah I dan Tanah Merah II terdapat 36 dan 45 unit atau 18,75% dan 23,44% yang tidak dihuni. Padahal berdasarkan observasi, sebagian besar hunian masyarakat di sekitar rusunawa sangat tidak layak.

                                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor penyebab kurang diminatinya rusunawa Tanah Merah I dan Tanah Merah II yang ada di Kelurahan Tanah Kalikedinding. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Kelurahan Tanah Kalikedinding yang belum mempunyai rumah sebanyak 560 KK dan sampel merupakan sebagian dari populasi sejumlah 228 KK. Teknik Pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan prosentase.

                                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kurang diminatinya rusunawa Tanah Merah I dan Tanah Merah II adalah sebagai berikut: (1) responden tidak tahu keberadaan rusunawa sebanyak 17,6%, (2) tahu keberadaan rusunawa sebanyak 82,4% tetapi tidak mengetahui secara detail mengenai rusunawa, (3) tahu keberadaan rusunawa tetapi tidak berminat karena mayoritas atau 39,5% responden adalah pedagang yaitu sebagai penjual makanan atau jajanan, hal tersebut dikarenakan keterbatasan lahan di rusunawa dan ada kegiatan yang tidak bisa dilakukan di rusunawa, (4) sudah betah tinggal di kos / kontrakkan yang ditempati sebanyak 33,5%, (5) ada ketakutan jika tinggal di rumah susun maka anak–anak kecil akan jatuh dari lantai atas sebanyak 40,79%, (6) ada anggapan bahwa apabila mempunyai atau tinggal di suatu rumah maka harus rumah yang menapak dengan tanah sebanyak 14,47%. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar Pemerintah kota Surabaya khususnya Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah selaku pemilik rusunawa Tanah Merah I dan Tanah Merah II lebih berperan aktif memberikan penyuluhan dan informasi secara menyeluruh tentang adanya rusunawa kepada masyarakat sekitar atau warga kota Surabaya pada umumnya.

Kata kunci : Rumah Susun Sederhana Sewa, Faktor – Faktor Penyebab

Published
2014-04-03
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 159