Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Geografi  KD Menjelaskan Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Mejayan Kabupaten Madiun

  • RIKA FITRIA RAHMAWATI

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Geografi 

KD Menjelaskan Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Mejayan

Kabupaten Madiun

 

Rika Fitria Rahmawati

ABSTRAK

Berdasarkan wawancara dengan Guru Geografi SMA Neger 2 Mejayan kelas XII IPS, beliau mengungkapan materi penginderaan jauh merupakan materi yang sulit untuk dipahami oleh siswa. Buku paket dan LKS belum cukup untuk menggambarkan materi yang secara jelas. Karakteristik materi penginderaan jauh yang merupakan materi yang prosedural, artinya materi penginderaan jauh jika ditampilkan menggunakan media flash sangat cocok karena dapat menampilkan komponen-komponen penginderaan jauh secara berurutan, selain itu dalam media flash dapat menampilkan juga tayangan video pemanfaatan penginderaan jauh. Untuk itu, dalam pembelajaran penginderaan jauh dibutuhkan media yang menarik, terutama yang menonjolkan visual karena mengingat karakteristik dari pembelajaran penginderaan jauh adalah utamanya membutuhkan ketelitian penglihatan dalam hal ini adalah mata (visual). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran flash dan gaya belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dengan KD menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh

Jenis penelitian ini adalah ekperimental dengan rancangan kuasi ekperimental. Jumlah sampel penelitian terdiri dari dua kelas kelompok, yaitu kelas kelompok eksperimen dan kelas kelompok kontrol dengan ditentukan secara purposive sampling, yaitu kelas XII IPS 2 sebagai kelas kelompok eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kelompok kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dari hasil perhitungan data hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh media pembelajaran flash, diperoleh taraf signifikansi 0,969. Dengan demikian nilai taraf signifikansi α = 0,969 berada diatas angka signifikansi 0,05 (0,969 > 0,05). Ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan media pembelajaran flash. Untuk perhitungan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, taraf signifikansi α = 0,722 berada diatas angka signifikansi 0,05 (0,722 > 0,05). Artinya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan gaya belajar siswa. Sedangkan, untuk interaksi antara media pembelajaran flash dan gaya belajar, perhitungan taraf signifikansi 0,000 berada di bawah angka signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya adalah terdapat pengaruh interaksi media pembelajaran flash dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata kunci :  Media Pembelajaran Flash, Gaya Belajar  dan Hasil Belajar Siswa

 

Published
2014-05-07
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 53