Studi Pola Persebaran Bank Mandiri, BCA, dan BRI di Surabaya Selatan

  • SITI SULAMI

Abstract

Studi Pola Persebaran Bank Mandiri, BCA, dan BRI di Surabaya Selatan

Siti Sulami

                                                           Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, sitisulami2@gmail.com

Dra. Ita Mardiani Zain,M.Kes

Dosen Pembimbing Mahasiswa

 

Abstrak

Surabaya Selatan adalah wilayah dengan kepadatan penduduk nomer dua setelah Surabaya Pusat yaitu sebesar 11.281 jiwa/km². Selain wilayah dengan jumlah penduduk yang padat di Surabaya Selatan juga terdapat wilayah industri dan perkantoran seperti industri di Karang Pilang dan juga SIER yang berdekatan langsung dengan wilayah Surabaya Selatan. Pusat perkantoran dan central busines district (CBD) di Jalan Basuki Rahmat, Darmo, Mayjen Sungkono, HR. Muhammad dan Ahmad Yani. Jumlah penduduk yang padat dan juga wilayah kegiatan ekonomi yang berada di Surabaya Selatan tersebut merupakan peluang usaha bagi jasa perbankan. Tumbuhnya jasa-jasa perbankan di Surabaya Selatan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Surabaya Selatan. Keberadaan kantor perbankan di wilyah Surabaya Selatan juga harus memperhatikan lokasi dan pasar sehingga baik pihak bank maupun wilayah Surabaya Selatan sama-sama diuntungkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola persebaran dan arah persebaran Bank Mandiri, BCA, dan BRI di Surabaya Selatan sehingga dapat diketahui wilayah mana saja yang belum terlayani jasa perbankan dan persepsi masyarakat terhadap jasa perbankan pada wilayah pusat persebaran bank.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, dengan penentuan lokasi secara purposive/sengaja yaitu di Surabaya Selatan. Tehnik analisis data yang digunakan untuk mengkaji pola persebaran Bank Mandiri, BCA, dan BRI di Surabaya Selatan yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi yang dianalisis dengan teknik tetangga terdekat atau Nearest Neighbour Analyst (NNA). Untuk pusat persebaran dan daerah jangkauan perbankan dilakukan dengan menggunakan analisis Centrographic Statistic. Sedangkan untuk variabel kualitas layanan dilakukan dengan menggunakan penyebaran angket dan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Menurut hasil penelitian yang diperoleh dilapangan diketahui bahwa pola persebaran Bank Mandiri, BCA, dan BRI  adalah Acak (Random). Titik pusat ke-3 bank terdapat pada Kecamatan Dukuh Pakis yang merupakan daerah dengan kegiatan ekonom tinggi dan pendapatan perkapita tertinggi di Surabaya Selatan yaitu sebesar 85,9 juta pada tahun 2010. Hasil overlay ke-3 bank diketahui bahwa Bank Mandiri cenderung mengarah ke selatan, Bank BCA ke arah utara dan Bank BRI memiliki daerah persebaran yang stabil dan menjangkau semua kecamatan di Surabaya Selatan. Kantor cabang perbankan sudah dijumpai pada tiap kecamatan di Surabaya Selatan kecuali untuk kecamatan Jambangan dan Karang Pilang yang belum terlayani Bank Mandiri dan BCA sedangkan untuk BRI sudah menjangkau semua kecamatan di Surabaya Selatan. Persepsi masyarakat tentang jasa perbankan dinilai Sedang yaitu dengan hasil rata-rata skor 80 dari 27 pertanyaan kulitas layanan dimana 26 soal dijawab puas dan 1 soal dijawab kurang puas dari nomer pertanyaan 26 yaitu kredit yang ditawarkan bank memberikan jaminan yang baik.

Kata Kunci : Pola Persebaran, Persepsi terhadap layanan Banu

 

Abstract

South of Surabaya is an area with a population density of number two after the Centre of Surabaya 11.281 soul/km². In addition to an area with a dense population in Surabaya's industrial area there are also South and businesses such as the karang pilang industries  and also SIER nearby directly with area South of Surabaya. Office Center and the central business district (CBD) at Jalan Basuki Rahmat, Darmo, Mayjen Sungkono, H.R Muhammad and Ahmad Yani. A dense population and also the economic activities which are in the South of Surabaya is business opportunities for banking services.The growth of banking serviceis expected to increase economic prosperity in the south of surabay, the exsistence of the office bank in the region South of Surabaya also sould pay attention to the location and market so neither the bank nor the South of Surabaya equally benefited. The purpose of this research is to know the distribution pattern and direction of the spread of the . Bank Mandiri, BCA, and BRI in Surabaya and South so that the area can be found anywhere that hasn't served the banking services and the public perception of banking services at the Centre of the spread of the bank.

The research method used was survey research, with the determination of the location of a purposive/accidentally in Surabaya. Technical analysis of data were used to studies the pattern of spread of the Bank Mandiri, BCA, and BRI in South of Surabaya that is by using a geographic information System is analyzed with techniques nearest neighbour analyst (NNA). To center the spread and the area coverage analysis is carried out using banking Centrographic statistics. Meanwhile, to variable quality of the service was done using the spread of poll and analyzed with the methods descriptive quantitative with prosentase.

According to the research results obtained in field note that patterns of spread of the Bank Mandiri, BCA, and BRI is random . The central point of the 3rd bank in Dukuh Pakis which is the region with the activities of economists of the highest income per capita and high in the South of Surabaya 85,9 million in 2010. Results overlay the 3rd bank note that Bank Mandiri tend to point to the South, towards the North Bank BCA and Bank BRI has an stable distribution area and reach out to all districts in the South of Surabaya. Branch offices banks has be found in every sub-district in south of surabaya except for sub-district jambangan and karang pilang not yet served bank mandiri and bca while for bri has reach all sub-district in south of surabaya. The public perception of banking services was rated moderate with an average score of 80 out of 27 questions quality of services which the 26 problem answered 1 question answered and satisfied less satisfied than number 26 questions as to offer banks a good warranty.

Keyword : Distribution Pattern, perception of Bank services

Published
2014-05-07
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 142