PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 MENGANALISIS ASPEK KEPENDUDUKAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MOJOSARI

  • SILVIA ENIKE ANDRIANI

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR 1.4 MENGANALISIS ASPEK KEPENDUDUKAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MOJOSARI

 

Silvia Enike Andriani

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, nicke.vie@gmail.com

Bambang Sigit Widodo

Dosen Pembimbing Mahasiswa

 

ABSTRAK

Pembelajaran geografi banyak memuat materi yang bersifat abstrak dan menghafal yang kurang disukai oleh siswa terutama pada materi kompetensi dasar 1.4 menganalisis aspek kependudukan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan kepada siswa dan guru geografi. Selama ini buku yang digunakan oleh siswa kurang menarik minat baca siswa karena kurangnya ilustrasi dan contoh yang kurang kontekstual. Hal itu di dukung dengan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Mojosari tergolong rendah. Untuk itu dalam materi menganalisis aspek kependudukan ini peneliti mencoba menyajikan buku ajar berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) yang mana dalam buku ajar itu akan memberikan materi dan contoh yang kontektual sesuai dengan kependudukan yang ada diwilayah siswa. Diharapkan dengan adanya buku ajar berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan four-D (4D) model Thiagarajan yang mempunyai 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Desain), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebaran tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Development) karena buku ajar yang dikembangkan tidak sampai disebarkan secara umum tapi hanya sebatas diuji cobakan di satu sekolah. Subyek penelitian adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diberi buku ajar berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan telaah atau validasi perangkat pembelajaran, hasil belajar siswa (pre-test dan pos-test), angket, kegiatan siswa dan aktivitas guru. Hasil analisis peneliti menunjukan bahwa buku ajar berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) ini layak untuk dijadikan sebagai buku ajar. Penilaian dari para ahli sebesar 83% yang dalam skala likert tergolong “sangat layak”. Perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) juga mendapat penilaian sebesar 89,28% oleh guru geografi yang menurut skala likert tergolong “sangat baik”, Ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan buku ajar berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning)  juga lebih tinggi dibanding dari kelas kontrol yaitu sebesar 84,37% atau 27 siswa dari 32 siswa yang ada sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 62,5% atau 20 siswa dari 32 siswa dikelas kontrol. Menurut perhitungan Uji T-Test nilai posttest memperoleh nilai p (signifikansi)  0,012 dengan menggunakan α = 5% maka dapat diketahui p < α yakni 0,012 < 0.05 maka  ditolak dan  diterima hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest antara kelas XI IPS 3 (eksperimen) dan kelas XI IPS 4 (kontrol) dengan jumlah rata-rata kelas XI IPS 3 sebesar 81,25 dan  untuk kelas XI IPS 4 sebesar 75,16

 

Kata Kunci : Pengembangan Buku Ajar Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning)

 

Geography learning contains lots of material that is abstract and depend to memorizing which less favored by students primarily on the competence basic 1.4 analyzing aspects of the demography.  Based on observations that have been made to thegepgraphy students and teachers. So far, the books used by students are less attracted students' interest due to lack of illustrations and examples that lack context. It is supported by classical completeness student learning outcomes in SMA 1 Mojosari is low. In learning the competence of analyzing aspects of the demography researchers try to present textbook-based CTL (Contextual Teaching and Learning) which is in the textbook will provide contextual examples of materials and in accordance with the region's population of students. Hopefully with textbook-based CTL (Contextual Teaching and Learning) is able to improve student learning outcomes .This type of research is the development of four types of research-D (4D) models Thiagarajan which has 4 phases: definition (Define), the planning stage (Design), stage of development (Development), and the stage of deployment but in this study only to the extent development (Development) have developed textbooks not to spread general but only to the extent tested in one school. Subjects were XI IPS 3 as an experimental class is a class that is given a textbook-based CTL (Contextual Teaching and Learning) and class XI IPS 4 as the control class. Methods of data collection using the validation study or learning, student learning outcomes (pre-test and post-test), questionnaires, student activities and teacher activities. The results of the research showed that the textbook-based CTL (Contextual Teaching and Learning) is eligible to serve as a textbook. Assessment of the experts by 83% the Likert scale are "very decent". Learning devices (syllabus and RPP) also got a rating of 89.28% by the geography teacher who according to the Likert scale are "very good", mastery of learning outcomes in the classroom experiments using textbook-based CTL (Contextual Teaching and Learning) is also higher than control of a class that is equal to 84.37% or 27 students from 32 students existing control class while only 62.5% or 20 students out of 32 students in class control. According to the calculation of the T-Test Test posttest gain value p-value (significance) using α = 0.012 with 5% it can be seen p <α ie 0.012 <0.05 then H0 rejected and H1accepted it indicates that there is a significant difference between the average value posttest between XI IPS 3 (experimental) and class XI IPS 4 (control) with the average number of class XI IPS 3 at 81.25 and for class XI IPS 4 for 75.16

 

Keyword: Development of CTL (Contextual Teaching and Learning) based textbook

Published
2014-05-08
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 26