Pengembangan Media Permainan Geography Racing Game Pada Materi Biosfer Kelas XI SMA

  • RUDDAN KUN HADIN

Abstract

Pengembangan Media Permainan Geography Racing Game Pada Materi Biosfer Kelas XI SMA

Ruddan Kun Hadin

Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi, rudan_kunhadi89@yahoo.com

Wiwik Sri Utami

Dosen Pembimbing Mahasiswa

 

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kejenuhan, kurang aktifnya siswa, dan kesulitan siswa dalam memahami materi, serta kurang efektifnya metode mengajar untuk meningkatkan keaktifan siswa. Pemilihan permainan Geography Racing Game pada materi biosfer sebagai media belajar diharapkan dapat menimbulkan aktivitas belajar menjadi lebih menarik dan membantu suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, serta santai karena dalam permainan Geography Racing Game siswa dapat melihat langsung contoh tentang fenomena biosfer yang tidak dapat dilihat di lingkungan sekitar sehingga siswa mudah memahami konsep yang diajarkan.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media permainan geography racing game materi biosfer.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan  model pengembangan 4D. Ujicoba terbatas dilakukan pada 28 siswa di SMA Negeri 2 Nganjuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, lembar validasi media, angket respon siswa, dan lembar observasi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, obsevasi, dan tes.

 Berdasarkan hasil telaah kelayakan media oleh dosen media, dosen materi dan guru geografi ditinjau dari aspek format media, tampilan media dan kebenaran konsep pada media ini dikategorikan layak. Respon siswa terhadap media baik. Pengamatan aktivitas siswa dalam penggunaan media menunjukkan bahwa pengguna media dapat berlatih sikap berkompetisi, kerja sama, tertib, dan kemauan berusaha dalam mengoperasikan media dan meningkatkan keantusiasan belajar. Melalui Uji t-test diketahui ada perbedaan hasil belajar (posttest) antara kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan media permainan Geography Racing Game dan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak menggunakan media permainan. Pembelajaran dengan menggunakan media permainan Geography Racing Game menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan media permainan, dengan hasil perhitungan p (signifikansi) = 0,001, dimana p <α ; 0,001 < 0,05 sehingga   ditolak dan   diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar (posttest) antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa media permainan Geography Racing Game materi biosfer layak digunakan sebagai penguat pemahaman materi biosfer  dalam kegiatan pembelajaran geogafi.

 

Kata kunci :Media permainan “Geography Racing Game”, materi biosfer.

 

Abstract

             The background of this study was the presence of saturation, less active students, and students' difficulties to understand the material, as well as the ineffective teaching methods to improve student activity. The use of media Racing Game Geography Game ofmaterials biosphere is expected to resolve the issue. The purpose of this research is to produce media Geography Racing Game  of biosphere material .

             Type of research is the development of the 4D model of development . Limited test conducted on 28 students at SMAN 2 Nganjuk . Based on the results of the feasibility study of the media by the media professors , lecturers and teachers of geography matter in terms of aspects of media formats , display media and the concept of truth in the media considered feasible . Students' response to the media either .     

             Based on the results of the feasibility study of the media by the media professors, lecturers and teachers of geography matter in terms of aspects of media formats, display media and the media is categorized deserves the truth. Students' response to the media either. Observation of student activity in media usage shows that users can practice the attitude of the media competition , cooperation , discipline , and willingness to strive to operate and improve the sight of people exiting learning media . Through test t-test is known to have differences of learning outcomes ( posttest ) between the experimental class is a class that uses a media Geography Racing Game and control class is a class that does not use the media game . Learning to use the media Geography Game Racing Game show better results than students who do not use the media game , with the calculated p ( significance ) = 0.001 , where p < α ; 0.001 < 0.05 so rejected and accepted . This indicates a difference in learning outcomes ( posttest ) between the experimental class students with the control class students. Based on these descriptions can be said media Geography Racing Game of biosphere materials decent understanding of the material used as reinforcement in the learning activities geogafi biosphere .

 

Keywords: Media Geography Racing Games, biosphere materials

Published
2014-05-13
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 356