Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Kabupaten Mojokerto

  • SEFRINDA AVRISCA RASCALIA

Abstract

Abstrak

Materi pelestarian lingkungan hidup merupakan materi yang mempunyai sub yang banyak, selain itu materi ini sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses pembelajaran agar materi tersebut dapat dipahami dengan baik kepada siswa adalah dengan cara menggunakan suatu permasalahan dan pemecahannya. Salah satu strategi yang cocok terhadap materi tersebut adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Karena strategi tersebut dapat memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Selain itu kelompok dalam strategi ini sangat sedikit yaitu hanya beranggotakan 2 orang. Dalam hal ini dapat memudahkan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe TPS (think-pair-share) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup di kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design rancangan penelitian yang digunakan adalah One grop pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO.  Hasil penelitian ini terdiri dari dua nilai yaitu nilai kognitif dan nilai afektif siswa. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis yaitu uji statistik parametrik. Hasil uji normalitas yang terdiri dari pretest dan posttest sebesar 0,008 dan 0,006, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa p < 0,05, itu artinya bahwa data tersebut tidak berdistribusi normal. Sehingga uji statistik yang digunakan bukan statistik parametrik tetapi menggunakan uji statistik nonparametrik. Uji statistik nonparametrik yang digunakan adalah uji Two Related Sampel Test, yang terdiri dari tiga uji yaitu, Uji Wilcoxon, Uji Sign, dan Uji Mcnemar.

Hasil penelitian ini, untuk hasil kognitif siswa dengan menggunakan ketiga jenis uji yaitu, Uji Wilcoxon, Uji Sign, dan Uji Mcnemar diperoleh hasil yang sama yaitu sebesar 0,000 itu artinya terdapat perbedaan dari hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Sedangkan untuk hasil belajar afektif siswa selama tiga kali tatap muka diperoleh hasil dalam dua kategori yaitu baik dan sangat baik. Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata setiap pertemuan dengan hasil yaitu pertemuan pertama 72,7, pertemuan kedua 73,2, dan pertemuan ketiga 74,2. Dalam hal ini berarti penerapan strategi TPS (Think-Pair-Share) dapat mempengaruhi hasil belajar afektif siswa.

Kata Kunci        : Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, dan Hasil Belajar

Published
2014-07-08
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 17