PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOGE (MONOPOLI GEOGRAFI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN  SEBAGAI AKIBAT DARI DINAMIKA ATMOSFER DI KELAS X MAN MOJOSARI

  • VIVI AGUSTIN

Abstract

Abstrak

Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus menerus dilakukan pemerintah demi mewujudkan tujuan nasional. Salah satu contoh diantaranya adalah dengan diberlakukannya Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter guna mengubah pola pendidikan dari berorientasi terhadap hasil dan materi ke pendidikan sebagai proses. Untuk mendukung implementasi Kurikulum 2013 dalam mewujudkan pola pendidikan sebagai proses tersebut, penggunaan media pembelajaran permainan bisa menjadi alternatif pilihan, salah satunya adalah media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi).

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi) melalui model ASSURE sekaligus menilai kelayakan MoGe (Monopoli Geografi) sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika atmosfer. Untuk selanjutnya, media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi) tersebut akan diujicobakan pada 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) dari populasi keseluruhan 9 kelas X MAN Mojosari melalui penelitian eksperimental semu (quasi experimental) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotor siswa yang menggunakan media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi) dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran biasa (power point) atau tidak mengggunakan media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi).

Dari hasil penelitian ini, diperoleh MoGe (Monopoli Geografi) yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media yang mencapai presentase sebesar 91,00%, yang mencakup penilaian aspek format media, aspek visual, aspek bahasa, aspek fungsi dan kualitas media, dan aspek teknis media. Sedangkan berdasarkan ahli materi, penilaian MoGe (Monopoli Geografi) mencapai presentase 96,67% yang mencakup aspek kualitas isi, aspek kognitif, dan aspek afektif.

Setelah diujicobakan pada 2 kelas sampel penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kedua sampel kelas tersebut, dengan ketentuan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi) lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran MoGe (Monopoli Geografi), baik pada ranah afektif, kognitif, maupun psikomotor.

 

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, MediaPembelajaran, MoGe (Monopoli Geografi), Power Point, ASSURE, dan Quasi Experimental.

Published
2014-07-24
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 118