PENGARUH FAKTOR SOSIAL, EKONOMI, DAN DEMOGRAFI TERHADAP JUMLAH ANAK YANG PERNAH DILAHIRKAN HIDUP DI KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI

  • NALASARI PRATIWI

Abstract

Pertambahan penduduk dapat dipengaruhi oleh faktor demografi dan non demografi. Kelahiran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk. Pertambahan penduduk di Kecamatan Pesantren dapat diketahui dari peningkatan nilai TFR tahun 2010 dan 2011 sebesar 125 menjadi 135. Jumlah paguyuban KB juga mengalami peningkatan dari tahun 2010. Akan tetapi pertambahan jumlah paguyuban KB tidak memberikan pengaruh terhadap penurunan kelahiran bayi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor sosial, ekonomi, dan demografi terhadap jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 249 responden wanita kelompok umur 40 tahun ke atas. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional sample. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data primer hasil wawancara di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda secara sendiri menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan Ibu terhadap jumlah anak yang dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0,000 < α= 0.05. Ada pengaruh yang signifikan antara pendapatan keluarga terhadap jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0,001 < α= 0,05. Ada pengaruh yang signifikan antara umur kawin pertama terhadap jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0,000 < α= 0,05. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara beban tanggungan keluarga terhadap jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0,244 > α= 0,05. Sedangkan hasil uji regresi linier berganda secara bersama menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antar pendidikan Ibu, pendapatan keluarga, dan umur kawin pertama terhadap jumlah anak yang dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0.000 dan B= 0.455; p= 0.021 dan B= -0.160; p= 0.033 dan B= 0.160. Sedangkan beban tanggungan keluarga tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan nilai p= 0.870. Berarti baik di uji secara sendiri maupun bersama faktor pendidikan Ibu, pendapatan keluarga, dan umur kawin pertama tetap berpengaruh terhadap jumlah anak lahir hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Sedangkan  faktor yang paling berpengaruh terhadap jumlah anak lahir hidup di Kecamatan Pesantren Kota Kediri adalah pendidikan Ibu dengan nilai B= 0.455  (20.70%).

Published
2014-07-24
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 1957