DAMPAK KEBERADAAN TERMINAL MOJOSARI TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PARA PENGEMUDI ANGKUTAN UMUM DI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

  • DINA ANININGSIH Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

Terminal Mojosari merupakan terminal yang baru dibangun Pemerintah Kabupaten Mojokerto dan diresmikan pada tanggal 20 April 2009. Terminal ini tidak berfungsi secara baik. Para pengemudi angkutan umum mayoritas menolak untuk masuk keterminal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka fokus dalam penelitian ini adalah dampak keberadaan terminal Mojosari terhadap kondisi sosial ekonomi pengemudi angkutan umum di kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian multikasus. Responden pada penelitian ini totalnya ada 12 responden utama, terdiri dari 4 pengemudi dari lyn Krian-Mojosari, 3 pengemudi lyn Pacet, 3 pengemudi lyn Mojosari-Gempol-Porong, dan 2 pengemudi lyn Mojosari-Mojokerto. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keberadaan terminal Mojosari membawa dampak pada kehidupan sosial pengemudi angkutan umum yang antara lain sikap pengemudi yang tidak menyukai keberadaan terminal Mojosari, terjadinya perubahan maupun perbedaan norma pada lyn Krian-Mojosari dan lyn Pacet Mojosari, semakin berkurangnya interaksi antar pengemudi sejak keberadaan terminal Mojosari yang baru, serta berbagai konflik sosial yang terjadi. Dampak dalam bidang ekonomi pengemudi, angkutan umum yaitu menurunnya pendapatan dikalangan pengemudi. Di lyn Krian-Mojosari, penurunan pendapatan sebesar 50 persen. Pada lyn Mojosari Mojokerto, penurunan pendapatan yang terjadi sekitar 45 persen. Penurunan sebesar 60 persen dialami oleh lyn Mojosari-Gempol-Porong dan juga lyn Pacet Mojosari. Berkurangnya kemampuan pengemudi dalam memenuhi kebutuhan keluarganya terjadi disemua lyn yang ada di terminal Mojosari baru. Jumlah lyn Krian-Mojosari mengalami penurunan sebesar 40 persen. Sedangkan pada lyn Pacet-Mojosari, penurunan yang terjadi sekitar 34 persen. Penurunan sebesar 30 persen dialami oleh lyn Mojosari-Mojokerto. Lyn Mojosari-Gempol-Porong adalah satu-satunya lyn yang tidak mengalami penurunan jumlah pengemudi.

Kata Kunci: Terminal Mojosari, Dampak sosial, ekonomi, Pengemudi angkutan umum

Mojosari Station is a newly built by Mojokerto Regency and inaugurated on April’20th 2009. This station
is not functioning properly. Most of public transport drivers refuse to enter into this station. Based on
these problems, the focus in this study is the impact of the presence of Mojosari station towards socio and
economic life of the drivers of public transport in the district of Mojosari, Mojokerto. This study used
qualitative research methods to the study of multikasus research design. The Respondents in this study
there were 12 major respondents, consisting of 4 drivers from Mojosari –Krian lyn, 3 drivers from
Pacet-Mojosari lyn, 3 drivers Mojosari-Gempol-Porong lyn, and 2 drivers from Mojosari-Mojokerto lyn.
From these research we can know that the presence of terminal Mojosari have impact on the social life of
public transportation drivers, example the attitude of drivers who do not like the presence of Mojosari
station, changes and differences in Krian-Mojosari lyn norms and Pacet-Mojosari lyn norms. There is
decrease in the interaction between the driver since the existence of the new Mojosari station, as well as a
variety of social conflict. The impact of the economic, public transportation is decrease in income by the
drivers. In Krian-Mojosari lyn drivers, have a decreased about 50 percent. At Mojosari-Mojokerto lyn,
have income decrease around 45 percent. Decreased by 60 percent by Mojosari-Gempol-Porong lyn and
Pacet-Mojosari lyn. Decrease the ability of the drivers to fullfil the family needs is happen in all lyn. Also
there is decrease in drivers population. In Krian-Mojosari decreased about 40 percent of population
drivers. While, on lyn Pacet-Mojosari, the decline about 34 percent. A decrease of 30 percent happened
by lyn Mojosari-Mojokerto. Mojosari- Gempol-Porong lyn is the only one who did not experience a
decline in the driver population.

Keywords: Mojosari Station, The social impact, economic, public transport driver

Published
2013-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 51 PDF Downloads: 0