FAKTOR-FAKTOR PEMICU MUNCULNYA PASAR Templek DI SEKITAR PASAR WAGE DI KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • PRIYO WICAKSONO Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UNESA

Abstract

Pembangunan pasar disuatu wilayah disesuaikan dengan jumlah penduduk sehingga mampu melayani seluruh
penduduk dan mampu menampung pedagang yang akan memanfaatkan fasilitas pasar tersebut. Dalam membangun
sebuah pasar perlu memperhatikan konsep lokasi dimana pasar tersebut akan ditempatkan sehingga mampu
dijangkau oleh masyarakat. Pasar Ngemplak dibangun dengan tujuan agar para pedagang pasar Templek tidak
lagi berjualan di sekitar pasar Wage tetapi berjualan di Pasar Ngemplek. Awalnya para pedagang bersesedia pindah
dan berjualan di Pasar Ngemplak tetapi dengan seiring waktu para pedagang lebih memilih untuk tidak berjualan
dilokasi tersebut dan memilih berjualan di sekitar pasar Wage yang sering disebut sebagai pasar Templek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemicu munculnya pasar templek di sekitar pasar Wage di
kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah survei, yaitu populasi jumlah pedagang
yang berjualan di Pasar Templek sebanyak 94 orang dan pengambilan sampel pembeli dengan cara accidental
random sampling sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jarak absolut dari rumah pedagang kepasar Templek yaitu rata-rata ≤4 Km,
sedangkan jarak absolut dari rumah pembeli kepasar Templek rata-rata ≤1 Km. Waktu tempuh, kondisi jalan,
ketersediaan sarana transportasi pedagang dan pembeli yaitu rata-rata ditempuh ≤30 menit, kondisi jalan yaitu
aspal, ketersediaan sarana yaitu sepeda motor/angkot. Lokasi pasar templek yaitu strategis dan keterjangkauan
persebaran pada di radius 7 Km pembeli dan radius 8 Km pedagang dan bahan baku. Persebaran pedagang, bahan
baku, dan pembeli di pasar templek adalah random atau menyebar dengan rata – rata nilai T, 0 < T < 2,15. Persepsi
pedagang mengenai tingkat kemudahan menjual barang dagangan, 72% sebagian besar pedagang tidak ada
kesulitan dalam menjual menjual barang dagangan di pasar templek, persepsi pedagang tentang omset penjualan, 69
% pedagang mendapatkan omset banyak saat berjualan di pasar templek, persepsi pedagang tentang keuntungan
pedagang, 83 % sebagian besar pedagang mendapatkan untung saat berjualan di pasar templek. Persepsi pembeli
mengenai harga barang adalah murah, persepsi pembeli mengenai kelengkapan barang, pembeli tidak susah mencari barang dagangan di pasar templek.

Kata kunci : Faktor pemicu munculnya pasar, pasar Templek

Abstract

Market development in a region with a population adjusted so as to serve the entire population and is able to
accommodate merchants who will use the facilities market. In building a market need to consider the concept of
location is where the market is positioned so as to reach the community. Ngemplak market built with the goal of
keeping templek market traders no longer sell around the market but selling in the Market Wage. Traders wants
selling in the market is moving and Ngemplak but as time traders prefer not to sell at the site and choose to sell
around the market is often referred to as the Wage templek market.
This study aimed to determine the factors triggering templek markets around the markets in sub Tulungagung Wage
Tulungagung district.The kind of this study is survey, the population of the number of vendors who sell at the market
templek as many as 94 people and sampling the buyer by way of accidental random sampling as many as 50 people.
Data collection techniques obtained by using interview, observation and documentation. Technical analysis of the
data used is quantitative descriptive analysis with percentages and nearest neighbors analysis.
The results of this study indicate that the absolute distance from the house to the market traders templek an average
of ≤ 4 km, while the absolute distance from home buyers to the market templek average ≤ 1 Km. Travel time, road
conditions, availability of transportation vendors and buyers an average taken ≤ 30 minutes, the asphalt road
conditions, availability of the motorcycle / minivans. Templek strategic market location and affordability are spread
in a radius of 7 km in radius of 8 Km buyers and traders and raw materials. Distribution of traders, raw materials,
and buyers in the market templek is random or spread evenly the average value of T, 0 <T <2.15. Perceptions about
the ease of merchants selling merchandise, 72% of most traders is no difficulty in selling at the market selling
merchandise templek, perceptions of traders on sales turnover, 69% of traders get a lot of turnover in the market
while selling templek, perceptions about the benefits of merchant traders, 83% most of the traders to make profits
while trading at the market templek. The perception of the buyer on the price of goods is low, the buyer's perception
of the completeness of the goods, the buyer is not difficult to find merchandise in the templek market
Key words : Determine the factors triggering markets, templek market

Published
2013-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 37 PDF Downloads: 0