Kajian Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Keluarga Tahapan Sejahtera di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

  • SYIFAUL QULUB

Abstract

Abstrak

Permasalahan tentang tingkat kesejahteraan masyarakat yang berupa ketimpangan kesejahteraan antar wilayah di Indonesia masih merupakan permasalahan yang belum bisa ditemukan penyelesaiannya secara tuntas. Kondisi ini tercermin selama 5 tahun terakhir tingkat kesejahteraan keluarga di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Benjeng relatif tidak mengalami perubahan yaitu menunjukkan persentase ketimpangan taraf kesejahteraan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan yang menyebabkan ketimpangan tingkat kesejahteraan di Kecamatan Cerme dan kecamatan Benjeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei, sebagai populasi seluruh kepala keluarga di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Benjeng yang berjumlah 20.351 kepala keluarga. Sampel dalam penelitian ini adalah 261 kepala keluarga dengan rincian 137 kepala keluarga dari Kecamatan Cerme dan 124 kepala keluarga dari Kecamatan Benjeng yang ditentukan menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis rata-rata yaitu dengan cara memberi skor pada tiap ukuran variabel yang ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Benjeng sama-sama masuk dalam kategori cukup baik dengan jumlah skor 12 untuk Kecamatan Cerme dan jumlah skor 11 untuk Kecamatan Benjeng. Kondisi ekonomi di Kecamatan Cerme masuk dalam kategori cukup tinggi, dengan jumlah skor 5 dan kondisi ekonomi di Kecamatan Benjeng masuk dalam kategori rendah dengan jumlah skor 4, hal ini berarti kondisi ekonomi di Kecamatan Cerme lebih baik daripada di Kecamatan Benjeng. Kondisi lingkungan di Kecamatan Cerme masuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 12, dan kondisi lingkungan di Kecamatan Benjeng masuk dalam kategori cukup baik dengan jumlah skor 10. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, faktor yang menyebabkan perbedaan tingkat kesejahteraan di Kecamatan Cerme dan Kecamatan Benjeng yaitu tingkat pendapatan kepala keluarga, kondisi tempat tinggal, aksesibilitas ke tempat fasilitas pendukung masyarakat, dan bencana banjir.

Kata kunci: Tingkat Kesejahteraan, Keluarga Tahapan Sejahtera, Kondisi Sosial,  Ekonomi, dan Lingkungan

Published
2014-08-14
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 14