PENGARUH MEDIA POWERPOINT DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI GEOGRAFI KD 3.2 MENGANALISIS ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI MUKA BUMI KELAS X SMA NEGERI 1 LAMONGAN

  • INDRA AGUNG PAMUJA
  • INDRA AGUNG PAMUJA
  • INDRA AGUNG PAMUJA

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran guru dalam penyampaiannya tak terlepas dari media, dengan menggunakan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi, salah satunya adalah menggunakan Powerpoint. Dalam pelajaran Geografi khususnya meteri Atmosfer banyak fenomena tentang atmosfer yang tidak dapat dibawa kedalam kelas secara langsung. Pemilihan media Powerpoint dirasa sangat tepat karena media ini dapat menampilkan tayangan visual dan teks sehingga mengurangi verbalistik agar dapat membantu mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Media powerpoint ini diharapkan dapat bersinergi dengan motivasi berprestasi yang di miliki siswa sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan tanpa menggunakan media pembelajaran Powerpoint, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, dan untuk mengetahui pengaruh media Powerpoint dan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah ekperimental dengan rancangan kuasi ekperiment. Jumlah sampel penelitian terdiri dari dua kelas kelompok, yaitu kelas kelompok kontrol dan kelas kelompok eksperimen dengan ditentukan secara purposive sampling karena tidak semua semua faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dikotrol semuanya. Sampel dipenelitian ini yaitu kelas X.IIS.1 sebagai kelas kelompok kontrol dan X.IIS.3 sebagai kelas kelompok eksperimen.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dari perhitungan hasil belajar siswa berdasarkan penggunaan media pembelajaran powerpoint, diperoleh nilai Sig.(2 tailed) 0,034. Dengan demikian nilai taraf signifikansi = 0,034 berada dibawah angka signifikansi 0,05 (0,034 < 0,05). Ini menunjukan bahwa terdapat perbadaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan tidak menggunakan media. Untuk perhitungan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa, nilai Sig.(2 tailed) = 0,916 berada diatas angka signifikansi 0,05 (0,916 > 0,05). Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah. Sedangkan, untuk pengaruh media pembelajaran powerpoint dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar, penerapan media powerpoint dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Namun, berbeda dengan motivasi berprestasi yang tidak menunjukkan pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Powerpoint, Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Siswa

Published
2014-08-15
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 0