KERENTANAN BANGUNAN HUNIAN PADA WILAYAH ZONA POTENSI BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN PACITAN

  • YOGI SUTAN SETYO PAMBUDI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pacitan yang yang memiliki morfologi berupa dataran rendah pantai. Daerah penelitian secara administratif berada di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara geografis berhadapan dengan Samudera Hindia dan tegak lurus dengan zona subduksi. Secara historis belum pernah ada catatan fenomena bencana tsunami yang ditimbulkan oleh aktivitas subduksi di hadapan daerah penelitian. Pengetahuan penduduk terkait bencana tsunami masih belum cukup untuk mengelola bangunan hunian berdasarkan pendekatan risiko tsunami. Dari alasan-alasan di atas daerah penelitian memiliki risiko tsunami yang tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah karakteristik bangunan hunian pada wilayah zona potensi bencana tsunami skenario 8,0 Mw di Kecamatan Pacitan? 2) Bagaimanakah tingkat kerentanan bangunan hunian pada wilayah zona potensi bencana tsunami skenario 8,0 Mw di Kecamatan Pacitan? Dengan terjawabnya rumusan masalah akan didapat tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui karakteristik dan tingkat kerentanan bangunan hunian di daerah penelitian.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah overlay atau tumpang susun peta skenario zona potensi bencana tsunami berdasarkan pemicu gempa 8,0 Mw dan karakteristik bangunan hunian sehingga akan diperoleh tingkat kerentanan bangunan hunian. Populasi penelitian adalah seluruh bangunan hunian di wilayah zona potensi bencana tsunami skenario 8,0 Mw berjumlah 3412 bangunan hunian. Sampel penelitian berjumlah 345 bangunan hunian.

Berdasarkan hasil tumpang susun, 68,7% bangunan hunian memiliki tingkat kerentanan sedang. Konsentrasi bangunan hunian berada pada wilayah dengan tingkat risiko rendah. Indeks kerentanan tinggi berada pada variabel jumlah lantai, jenis pagar dan orientasi bangunan. Sedangkan variabel konstruksi dan jenis dinding memliliki indeks kerentanan rendah.

 

Kata kunci: Karakteristik, bangunan hunian, kerentanan, tsunami.

Published
2014-08-18
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 55