Kesiapan Guru SMA Dalam Implementasi TIK Pada Mata Pelajaran Geografi Untuk Menunjang Kurikulum 2013 Di Kabupaten Sidoarjo

  • ARDY JULIAN PRATAMA

Abstract

Abstrak

Guru merupakan faktor utama kesuksesan dalam pendidikan. Kesiapan guru adalah hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013 guru dituntut untuk mengimplementasikan TIK dalam mata pelajaran. Di Kabupaten Sidoarjo kesiapan guru dalam mengimplementasikan TIKĀ  untuk menunjang kurikulum 2013 sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru SMA dalam implementasi TIK pada mata pelajaran geografi untuk menunjang kurikulum 2013 di Kabupaten Sidoarjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Penelitian ini mengambil sekolah 12 SMA negeri dan 8 SMA swasta di Kabupaten Sidoarjo yang mengikuti MGMP geografi. Responden diambil sebanyak 32 yang merupakan guru SMA mata pelajaran geografi yang mengikuti MGMP di Kabupaten Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket dan dokumentasi. Analisis berpedoman pada data primer yang diperoleh dari mengisi angket atau wawancara pada guru SMA mata pelajaran geografi di Kabupaten Sidoarjo dengan teknik data secara analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesiapan guru mata pelajaran geografi di Kabupaten Sidoarjo adalah sedang, dengan mendapatkan nilai terbanyak dari responden yaitu 56%. Untuk pengetahuan mendapatkan nilai terbanyak dari responden yaitu 50%. Sedangkan untuk persepsi guru mata pelajaran geografi di Kabupaten Sidoarjo adalah baik, dengan mendapatkan nilai terbanyak dari responden yaitu 68,75%. Berarti kesiapan guru SMA dalam implementasi TIK pada mata pelajaran geografi untuk menunjang kurikulum 2013 di Kabupaten Sidoarjo adalah baik

Published
2014-08-22
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 34