PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG DEMAM BERDARAH DI SURABAYA

  • FUAD AKBAR RODHI P

Abstract

Penyakit demam dengue atau yang lebih sering disebut demam berdarah (disingkat DBD) merupakan penyakit yang sudah umum menyerang masyarakat namun berdampak serius bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan kematian. Demam dengue atau demam berdarah adalah penyakit virus yang tersebar luas di seluruh dunia terutama di daerah tropis. Di Indonesia penyakit ini pertama kali ditemukan di Surabaya tahun 1986.Surabaya sendiri merupakan kota dengan catatan penderita DBD yang tidak sedikit. Menurut catatan Dinas Kesehatan Kota Surabaya dalam pendataan terakhir tahun 2012, terdapat 1.091 kasus DBD dan 6 orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Beberapa program pun dibuat oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan dipublikasikan kepada masyarakat seperti di media cetak ataupun media elektronik. Program-program tersebut dipublikasikan kepada masyarakat Surabaya dalam bentuk ILM (Iklan Layanan Masyarakat) berupa poster, brosur, iklan media massa, billboard dan media cetak lainnya. Sayangnya ILM tidak dibuat dan dirancang khusus oleh seorang desainer grafis dengan desain seadanya tanpa melalui kajian data serta perancangan iklan layanan masyarakat yang benar. Hal tersebut membuat ILM kurang efektif dalam segi pendekatannya kepada masyarakat Surabaya.

Tujuan dari Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Demam  Berdarah di Surabaya ini adalah agar masyarakat Surabaya sadar terhadap budaya hidup sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah mengingat  penyakit demam berdarah ini adalah penyakit yang berdampak serius dan menyerang masyarakat dari kalangan apapun. Metode yang digunakan dalam perancangan ILM ini adalah dengan mengingatkan kepada masyarakat Surabaya terhadap budaya PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) yaitu dengan langkah “3M Plus” yang disajikan secara khusus sesuai dengan karakter masyarakat Surabaya.

Hasil dari perancangan ILM tentang demam berdarah ini adalah berupa poster, brosur, iklan media massa, billboard dan stiker. Desain visual dari berbagai macam media tersebut didesain dengan visualisasi yang semenarik mungkin sesuai dengan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dan berdasarkan prinsip desain dengan refrensi dari buku-buku serta validasi dari para ahli.

Kata kunci : Iklan Layanan Masyarakat, Demam Berdarah Dengue

Dengue fever, more often called as DBD, is commonly strike out society and has a serious impact even some ends with death. Dengue fever is a viral disease that is widespread around the world, especially in tropics. In Indonesia, this disease was first discovered in Surabaya of 1986. Surabaya is a town with a huge number of dengue fever patients. Based on medical record of Healthy Department of Surabaya in the least of 2012, those are 1.091 case of dengue fever which is caused 6 people died.

There are a lot of program made and published by Healthy Department of Surabaya to the society in printed or electronic media. The programs are published in public service announcements such as poster, brochure, mass media advertising, billboard and other printed media. Unfortunately, public service announcements are not made and designed by a graphic designer. It design was sober, without going through neither the data study or the right design of public service announcements. Those made public service announcement does not effective to reach people attention in Surabaya.

The purpose of public service announcements on dengue fever in Surabaya is try to make the people of Surabaya aware to the way of healthy living and prevent from dengue fever considering that it was a serious disease that affects and attack people on various background. The methods that was used in public service announcements design are reminds Surabaya people on mosquito eradication habits on "3MPlus" step. It was presented exclusively in accordance with the character of people in Surabaya.

The results of the public service announcements design of dengue fever are form into poster, brochure, mass media advertising, billboard, and sticker. The visual design of those variety media was designed with visualization as attractive as possible based on analysis data which has been carried out by researchers and based on the design principles of book reference and validation of experts.

Keywords: Public Service, Dengue Fever

Published
2015-05-29
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 102