MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SLIDE SHOW BERBASIS POWERPOINT DI TK PERMATA SURABAYA

  • YOHANES KRESNA WIJAYA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dalam hal kreativitas menggambar siswa, khususnya pada kegiatan menggambar yang masih kurang. Para siswa cenderung tidak bersemangat atau kurang tertarik pada pelajaran menggambar yang diberikan oleh guru. Hal ini terlihat ketika guru memberi tugas menggambar. Banyak siswa yang mengerjakan tugasnya dengan asal-asalan dan cenderung tidak memperhatikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreativitas menggambar siswa diperlukan penggunaan media yang dapat menarik dan meninggkatkan minat siswa dalam menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar melalui media slide show berbasis powerpoint kepada siswa. Penelitian ini ditujukan di taman kanak – kanak supaya pembelajaran menggambar menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa mampu berkreativitas melalui media slide show berbasis powerpoint. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas B di TK. PERMATA Surabaya yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kreativitas menggambar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus pertama siswa mendapat presentasi 66.3% dan pada siklus kedua mendapat presentasi ketuntasan dengan 76.4 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media slide show berbasis powerpoint dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok B2 di TK. Permata Kecamatan Wiyung, Surabaya tahun ajaran 2014/2015. Adapun kendala-kendala yang muncul pada proses pembelajaran menggambar dengan menggunakan media slide show adalah guru masih sulit menggontrol siswa, dan siswa banyak yang tidak percaya diri pada saat menggambar. Untuk mengatasi kendala diatas, guru menggunakan media slide show dengan gambar yang lebih menarik dalam pembelajaran menggambar sehingga siswa dapat lebih tertarik dalam menggambar.

Kata Kunci : kreativitas, menggambar, media slide show.

Background of this research is an observation which is done by the researcher on the students’ creativity of drawing, specially on drawing activity which is rarely practiced. The students tend to be inactive or less interested in the drawing subject which is given by the teacher. This case can be seen when the teacher gives a drawing task, then there are many students doing the task perfunctorily. Therefore, to increase the students’ creativity of drawing, it needs a media that can attract, develop, and train the students’ interest. This research intents on increasing the drawing creativity through the media of slide show. This research is performed for kindergarten students in order to make the drawing subject become an interesting activity for the studets, so it will make them more creative through the slide show of power point as the media. This research used the plan of Penelitian Tindakan Kelas (PTK) which was done in two cycles. In each cycle has been performed through four stages. Those are planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research are the teacher and 19 students of TK Permata Surabaya. The technique of collecting the data of this research is by using questionnaire, interview, observation, and note takig.The result of this research show that the score of students’ drawing creativity is increasing in each cycle. At the first cycle, the students got the score in the percentage of 66,3% and at the second cycle, the students got 76,4%. Thus, it can be concluded that the use of slide show as the media can increase the drawing creativity of group B2 students of TK Permata, Wiyung, Surabaya, 2014/2015. Yet, there are constraints that appear on the learning process by using slide show as the media. Those constraints are the teachers still get difficulty to control the students and the students who still do not feel confident in drawing. To face those problems, the teacher should use slide show with more interesting pictures in the drawing subject, so the students can easily learn and more interested in drawing.

Key Word: creativity, drawing, media slide show as the media

Published
2015-07-28
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 13