REDESAIN LOGO PADA PRODUK VINTAGE “LOVELI”

  • AYUNIN WIDYA RISYA

Abstract

Logo lama adalah sebuah representasi dari produk lama yang dijual. Sebuah pengembangan riset mendalam citra logo lama “Loveli” tentang visualisasi bentuk kurang sesuai dengan produk yang dijual, dari hasil analisis tersebut kemudian mengembangkan logo yang sesuai dengan citra baru yang ingin ditonjolkan. Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan, dirumuskan permasalahan penting yang harus dipecahkan atau dijawab, yaitu mengenai analisis kekurangan logo lama, konsep logo baru yang sesuai dengan citra produk saat ini, dan pengaplikasian logo baru yang sesuai dengan citra produk saat ini. Pengembangan menggunakan teori R&D dengan delapan langkah yang dipilih yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi Desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan produksi massal. Hasil penelitian menyebutkan logo lama hanya terfokus pada pakaian vintage wanita, sehingga saat “Loveli” mengembangkan produk untuk laki-laki desain logo tidak dapat memvisualisasikan produk. Logo baru dari loveli adalah hasil dari pengolahan bentuk lingkaran dengan font dan gambar. Gambar disini yang diambil adalah sebagai ikon produk yaitu vintage people. Kesan pria dan wanita dengan tatanan rambut rapi menekankan bahwa produk yang dijual adalah era dahulu atau vintage. Font yang dipilih adalah pengpaplikasian dari font castellar yang mengesankan font bernuansa classy vintage. Ada 6 desain standart yang dicontohkan yaitu desain kop surat, map, amplop, kartu nama, stempel dan buku catatan. Sedangkan pada promotion tools terdapat 10 desain yaitu brosur, x-banner, poster, bendera, price tag, sticker, mug, paper bag, kaos, dan look book.
Kata Kunci: Redesain, Logo, Loveli
Previous logo is a representation of old products being sold. An in-depth research development image of the old logo "Loveli" about the lack of visualization form in accordance with the product being sold, on the results of the analysis are then developed a logo in accordance with the new image you want highlighted. Based on the background of the problems outlined, formulated important problems to be solved or answered, namely the old logo deficiency analysis, the concept of a new logo that corresponds to the image of current products, and application of a new logo that corresponds to the image of the current product. Development using the theory of R & D with eight steps that is chosen is the potential and problems, data collection, product design, design validation, the revised design, product testing, product revision, utility testing, and mass production. The study says the old logo is only focused on women vintage clothes, so that when "Loveli" developing products for men logo design can not visualize the product. The new logo of Loveli is the result of processing forms a circle with fonts and images. Pictured here is taken as an iconic product that is vintage people. The impression of a man and a woman with their hair neatly emphasizes that the products sold are first or vintage era. The selected font is an application from castellar font, impressive font of classy vintage shades. There are six standard designs exemplified namely design letterhead, folders, envelopes, business cards, stamp and logbook. While the promotion tools which there are 10 designs brochures, X-banners, posters, flags, price tags, stickers, mugs, paper bag, t-shirts, and the look book.
Key Words: Redesain, Logo, Loveli.

Published
2015-07-31
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 260