HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SECARA MANUAL DENGAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI SECARA DIGITAL

  • PRAMUDYA DWI WARDANA

Abstract

Gambar ilustrasi yang dulunya hanya dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana, kini mulai beralih menggunakan peralatan canggih seperti komputer. Dalam proses penciptaan gambar ilustrasi secara digital, selain dengan mempelajari aplikasi komputer, penting bagi seseorang untuk menguasai dasardasar dalam menggambar ilustrasi secara manual. Berdasar dari latar belakang tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana hubungan kemampuan menggambar ilustrasi secara manual dengan kemampuan menggambar ilustrasi secara digital serta seberapa kuat hubungan antara keduanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Data dalam peneletian diperoleh dari tugas menggambar ilustrasi baik secara manual maupun secara digital yang diberikan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jombang. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Setelah didapat angka korelasi, maka dilakukan uji hipotesis. Dari hasil analisis data tesebut didapat angka korelasi sebesar 0,890, yang berarti terdapat korelasi yang kuat. Dalam uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% didapat r hitung 0,890> r tabel 0,334, sedangkan dengan taraf signifikan 1% didapat r hitung 0,890> r tabel 0,449. Hasil Uji hipotesis tersebut membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menggambar ilustrasi secara manual dengan kemampuan menggambar secara digital. Sedangkan kekuatan hubungan dibuktikan dengan koefisien determinasi yang mempunyai sumbangan nyata (X ke Y) sebesar 79,21%. Kata Kunci: Menggambar, ilustrasi manual, ilustrasi digital.

 Illustrations that were once only made using simple equipment, is now beginning to switch into using sophisticated and advanced equipments such as computer. In the process of creating digital illustrations using a computer, it is important for one to understand the basics in drawing illustration manually in addition to studying computer applications. Based on that background, the problems examined in this study is how about relationship between manual illustration drawing skills and digital drawing skills exists, and how strong the relationship between each other. This research is descriptive quantitative. The data were obtained from the task of drawing illustrations either manually or digitally that was assigned to the students of VIIth grade SMP Negeri 2 Jombang, in total of 32 students. Data were then analyzed using product moment correlation formula. Having obtained the correlation number, the hypothesis test is then conducted. From the analysis of the data, a correlation figure of 0.890 is obtained, which means that there is a strong correlation between the two. A hypothesis test with significance level of 5% obtained 0.890 count r> r table 0.334, in a 1% significance level obtained 0.890 count r> r table 0.449. The hypothesis test results prove that there is a significant relationship between the manual illustration drawing skill with digital illustration drawing skill. While how strong the relationship is evidenced by the coefficient of determination that has a real contribution (X to Y) of 79.21%.

Keywords : Drawing, manual illustration, digital illustration.

Published
2015-08-05
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 138