ANALISIS KARYA SKETSA M. THALIB PRASODJOTAHUN 1983 SAMPAI 2008

  • HELMY ROUSHAN FIKRI

Abstract

M. Thalib Prasodjo (1931-2010) Lahir di Bojonegoro, 17 Juni 1931, sejak kecil M. Thalib Prasodjo sudah
bercita-cita menjadi pelukis dan akhirnya menjadi sala satu diantara perupa yang memiliki peran terhadap seni
rupa modern Surabaya saat itu. Banyak di kalangan seniman mengenal dia sebagai pelukis sketsa alias sketser.
Ini karena dia memang sering kali menghabiskan waktunya dengan berkeliling dari tempat ke tempat hanya
untuk membuat sketsa secara spontanitas. Sehingga dari kebiasaan tersebut M. Thalib Prasodjo menghasilkan
banyak sketsa-sketsanya memiliki unsur-unsur rupa yang menarik, dan tidak jarang dipamerkan ataupun
dikoleksi oleh kolektor, hal tersebut dikarenakan sketsanya memiliki unsur rupa yang unik seperti pada unsur
titik, garis, bidang, warna, komposisi serta tekniknya, sehingga hal tersebut menjadi karakteritiknya dan menjadi
fokus penelitian atau rumusan masalah yang dijawab pada penelitian ini. Berdasarkan masalah yang ada,
penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur-unsur rupa yang
tampak dan tekniknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan keluarga M. Thalib Prasodjo dan
murid-muridnya serta melakukan observasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan trianggulasi
data. Tahap analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan/ verifikasi. Dari 41 sketsa-sketsa M. Thalib Prasodjo ditemukan beberapa tema meliputi objekobjek
bagunan, figuratif, dan suasana. Dari sketsanya tersebut terdapat berbagai temuan tentang struktur visual
mulai dari garis-garis yang cendrung linier dan ekspresif. Kemudian terdapat unsur titik yang berfungsi untuk
mengisi bidang/objek tertentu. Lalu terdapat unsur bidang yang geometris dan non-geomertis, serta ditemukan
unsur warna yang lebih mengarah pada warna-warna monokromatik yaitu hitam dan putih. dan terakhir terdapat
komposisi yang sering ada pada sketsanya yaitu komposisi keseimbangan, penekanan, dan kesatuan. Selain dari
struktur visual, juga ditemukan teknik yang cendrung diggunakan M. Thalib Prasodjo dalam membuat sketsanya
berupa teknik basah, dari bahan berupa tinta cina dan tanah liat dengan media kanvas atau kertas serta alat alat
gambar yaitu kuas dan lidi/batang aren. Sehingga dari teknik dan struktur visual tersebut sketsanya lebih
cendrung ke arah figuratif dan ekspresif.
Kata Kunci: sketsa, struktur visual sketsa, teknik sketsa

M. Thalib Prasodjo (1931-2010) Born in Bojonegoro, June 17, 1931, since childhood M. Talib
Prasodjo has aspired to be a painter and eventually became sala one among the artists who have a role to
Surabaya when modern art it. Many among the artists to know him as a sketch artist alias sketcher. This is
because he was often spend their time wandering from place to place just to make sketches spontaneously. So
that from these habits M. Thalib Prasodjo produced many sketches have visual elements of interest, and not
rarely exhibited or collected by the collector, it is because the sketch has a unique visual elements such as the
elements of points, lines , field, color, composition and technique, so that it becomes characteristic of, and the
focus of research or formulation problems are answered in this study. Based on the existing problems, the
research was conducted in order to determine and describe the visual elements that appear and technique. This
study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collected by using the interview with M.
Thalib Prasodjo family and his disciples as well as observation. To maintain the validity of the data, performed
data triangulation activity. The stage of data analysis used in this study include data reduction, data presentation
and draw conclusions / verification. Of the 41 sketches M. Thalib Prasodjo found some themes include objects
buildings, figurative, and atmosphere. From these sketches are the findings of visual structures ranging from
lines that tend to linear and expressive. Then there is the element of the point that serves to fill the field / object.
Then there are elements of the field of geometric and non-geomertis, and found more color elements leads to a
monochromatic colors such as black and white. and lastly there is a composition that often exist in the sketch
that the composition of the balance, emphasis, and unity. Aside from the visual structure, also found a technique
that tends band is used M. Thalib Prasodjo in sketch form wet technique, from materials such as Chinese ink and
clay with canvas or paper media as well as tools drawing tools, namely brushes and sticks / rods palm. So from
technical and visual structure of the sketch is more inclined towards the figurative and expressive.
Key Words: sketch, visual structure sketch, sketching techniques

Published
2015-08-11
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 376