ANALISIS COVER MAJALAH ZIGMA EDISI 139 SAMPAI 144 TAHUN 2014
Abstract
Majalah Zigma adalah majalah bulanan yang membahas tentang video game, animasi 2 dimensi dan 3
dimensi, film, serta tokusatsu. Majalah Zigma yang berbasis game, animasi dan film harus menampilkan
cover yang menarik dan fungsional sehingga penerapannya memerlukan layout, unsur-unsur desain,
tipografi, ilustrasi dan prinsip desain dengan pemakaian yang tepat. Di setiap edisi majalah zigma,
tampilan cover baik dari segi visual dan verbal ditujukan untuk menyampaikan pesan dari ide gagasan
awal majalah. Adapun masalah yang akan dikaji adalah sebagai berikut: (1)Bagaimana pemilihan ide
gagasan pembuatan cover majalah Zigma edisi 139 sampai 144 tahun 2014?, (2)Bagaimana penerapan
unsur-unsur desain, tipografi, dan gambar ilustrasi dalam layout cover majalah Zigma edisi 139 sampai
144 tahun 2014?, (3)Bagaimana penerapan prinsip desain pada unsur-unsur desain, tipografi, dan gambar
ilustrasi dalam layout cover majalah Zigma edisi 139 sampai 144 tahun 2014?. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis unsur-unsur desain, tipografi, ilustrasi serta penerapan prinsip desain pada layout
majalah Zigma. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik
pengumpulan data observasi terkendali, wawancara, dokumentasi dan pencarian data. Sedangkan untuk
validasi datanya, penelitian ini menggunakan triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Melihat
edisi terbaru majalah Zigma dari masa penelitian, maka penelitian ini mempersempit periode edisi
majalah dari edisi bulan Juni sampai bulan November 2014 dengan mengambil objek penelitian yaitu dari
cover depan dan belakang majalah Zigma edisi 139 Juni 2014, edisi 140 Juli 2014, edisi 141 Agustus
2014, edisi 142 September 2014, edisi 143 Oktober 2014, edisi 144 November 2014. Objek penelitian
dipilih dengan tema yang berbeda. Dari pengumpulan dan analisis data yang telah dilakukan dapat
diketahui bahwa tampilan cover majalah Zigma di setiap struktur layout, penerapan unsur-unsur desain,
tipografi, ilustrasi dan prinsip desain memiliki fungsi tersendiri yang saling berhubungan. Tema yang
diangkat merupakan hasil dari ide gagasan redaksi yang berkisar dari dunia game, perfilman dan
lingkungan anak muda yang sedang marak di perbincangkan.
Kata Kunci : Unsur Visual, Prinsip Desain, Ide, Cover, Zigma
Zigma magazine is a monthly magazine which discusses about game videos, animation of 2 dimension
and 3 dimension, films and tokusatsu. Zigma magazine, which is based on games, animations and films,
has to put the cover forward in interesting and functional way therefore for applying the cover needs to
put layout, design elements, typography, illustration and design principles in properly usage. In every
edition of Zigma magazine, the cover appearance is pointed with message extended of ideas on the
beginning of magazine. The problems that will be investigated are: (1) how do the ideas selection for
producing the cover of Zigma Magazine for 139 th edition until 144 th edition in 2014? (2) How does the
applying of design elements, typography and illustration pictures in layout cover of Zigma Magazine for 139
th edition until 144 th edition in 2014? (3) How does the application of design principles to the design elements, typography and illustration pictures in layout cover of Zigma Magazine for 139 th edition until 144 th edition in 2014? This research aims to analyze the design elements, typography, illustration and
application of design principles on layout of Zigma magazine. This research is a qualitative descriptive research. This research uses controlled observation data technique, interview, documentation and data searching. Whereas the data validation, this research uses triangulation data for testing the data validity. By observing the latest edition of Zigma magazine in this research period, hence this research make a limitation of the magazine edition period from edition on June till November 2014 through took the research objects from the front and back cover of Zigma Magazine for 139 th edition on June 2014, 140 th on July 2014, 141 st edition on August 2014, 142 nd edition on September, on 143
rd edition on October, 144 th
on November 2014. The research objects are chosen with different themes. From the collection and
analysis data which had done, can be concluded that the cover appereances of Zigma magazine in every
layout structure, application of design elements, typograph, ilustration and design princpiples have their
own functions which conected one to another. The themes which adapted are results of ideas of editorial
staff that were taken from games world, films and youth environment of what news are blooming
disscussed.
Keywords: visual elements, design principles, ides, cover, Zigma
PDF Downloads: 19