PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK CENDERAMATA KERAJINAN LOGAM DI ARYAN GALERI DESA BEJIJONG KABUPATEN MOJOKERTO

  • ALIEF SURYA NINGSIH

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu desain yang diterapkan pada produk Aryan galeri sifatnya dekoratif tradisional, harga jual produk relatif masih tinggi dan kondisi pasar yang hampir stagnan karena kurangnya inovasi desain. Sebagian besar desain produk dibuat berasal dari pesanan konsumen. Belum banyak desain produk yang berkaitan dengan Mojokerto, misalnya dengan mengangkat tema yang berkonsep kerajaan Majapahit. Dimana diterapkan ragam hias Majapahit dalam produk. Oleh karena itu agar kerajinan cor logam tidak ditinggalkan dan mampu menarik minat generasi muda agar bangga dengan cenderamata khas daerahnya, maka perlu adanya inovasi dan kreativitas melalui desain produk baru yang lebih inovatif agar mampu menarik minat masyarakat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan desain produk kerajinan logam dengan teknik cor di Aryan Galeri serta mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan desain produk cenderamata khas Mojokerto yang peneliti lakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah studi literatur, teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Ditinjau dari unsur-unsur terbentuknya desain produk cenderamata di “Aryan Galeri” terdiri dari 6 macam produk yang terpilih untuk dikembangkan, yaitu desain keris untuk assesoris gantungan kunci, sendok hias, bokor, tempat lilin, pengetuk pintu, dan gantungan baju. Setelah dikembangkan, motif ragam hias dasar Majapahit diterapkan sebagai desain utama pada gantungan kunci, golden nymph sebagai ragam hias pada sendok hias, surya majapahit sebagai ragam hias utama pada bokor, Arca Ken Dedes sebagai bentuk tempat lilin, ragam hias kala candi Bajang Ratu sebagai desain pengetuk pintu, dan Arca Ganesha sebagai desain gantungan baju. Pengembangan desain produk masing-masing terdiri dari minimal 3 desain alternatif dengan total seluruh desain yang terkumpul 38 desain pengembangan.

Kata Kunci: Pengembangan, Desain produk, Cenderamata, Cor logam

Background research is design applied to the product aryan gallery is traditional decorative, the price for sell is still expensive and an almost stagnant market conditions due to the lack of design innovation. Most of the design of the products are made comes from customer orders. No many product designs related to Mojokerto, for example with the theme of the concept the kingdom of Majapahit. Where applied decorative Majapahit in the product. Therefore, in order to craft the metal cast is not left behind and to attract young people to take pride in the souvenirs of the region, the need for innovation and creativity through new product design more innovative in order to be able to attract the public. The research objective is to determine and describe the product design metal craft techniques Aryan cast in the gallery as well as identify and describe the development process of product design souvenirs Mojokerto that researchers do. Data collection techniques used in this research is the study of literature, techniques of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in the study in the form of data reduction, data presentation and conclusions. Judging from the formation of the elements of product design souvenirs in "Aryan Gallery" consists of 6 kinds of products were chosen to be developed, is design keris for accessories key chains, decorative spoons, bowls, candlesticks, door knocker, and hangers. Once developed, the motif decoration basic Majapahit applied as the main design on a key chain, golden nymph as a decoration on a spoon decorative, solar Majaphit as decorative main bowl, Arca Ken Dedes as a form of candlesticks, ornaments when the Bajang Ratu temple as design knocker, and a statue of Ganesha as a coat hanger design. Product design development, each consisting of a minimum of three design alternatives with the total design of the accumulated 38 design development.

Keywords: development, product design, souvenir, metal cast

Published
2016-01-15
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 37