PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK SISWA KELAS XI

  • DANIZAR ARWUDARACHMAN

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu membantu guru seni budaya SMA Negeri 2 Ponorogo yang mengalami keterbatasan dalam hal mengembangkan media pembelajaran. Maka untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan media dari yang semula hanya menggunakan buku paket dan papan tulis menjadi media pembelajaran audio visual dengan harapan  siswa dapat lebih mudah dalam memahami materi dan dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya khususnya pada materi gambar bentuk.  Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan media pembelajaran gambar bentuk, dan juga untuk mengetahui respon serta manfaat dari penggunaan media pembelajaran gambar bentuk untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI. Untuk metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah  metode angket, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan lembar respon siswa. Pada prosentase ketuntasan siswa dikelas XI IPA 3 tanpa menggunakan media audio visual adalah 40% dan setelah menggunakan media audio visual menjadi 80%. Kemudia pada kelas XI IPA 4 prosentase kelulusan siswa sebelum menggunakan media audio visual adalah 30% (kriteria kurang) dan setelah menggunakan media audio visual mendapat prosentase 43% (kriteria cukup). Untuk hasil respon siswa terhadap media audio visual dikelas XI IPA 3 mendapat prosentase 87% dan di kelas XI IPA 4 mendapat 89%.

Kata Kunci: media, audio visual, gambar bentuk.

This study has a background in art and culture that help teachers SMAN 2 Ponorogo who have limitations in terms of developing learning media. So to overcome this required the development of a media that was originally only using textbooks and whiteboards into audio-visual learning media in the hope that students can more easily understand the material and can improve learning achievement in the subjects of Arts and Culture in particular in the form of image material. While the purpose of this study was to determine the learning media development step drawing shapes, and also to study the response and benefits of the use of instructional media images shape to improve student achievement in class XI. For the methods used in this study was a questionnaire method, documentation, observation and tests. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, drawing conclusions, and student response sheet. On the completeness percentage of students in class XI IPA 3 without the use of audio-visual media was 40% and after the use of audio-visual media to 80%. Later in class XI IPA 4 percent graduation before using audio-visual media is 30% (less criteria) and after using the audio-visual media received a percentage of 43% (sufficient criteria). For the students' response to audio-visual media in class XI IPA 3 gets a percentage of 87% and in class XI IPA 4 got 89%.

Keywords: media, audio visual, image shapes

Published
2016-01-26
Abstract Views: 1727
PDF Downloads: 2285