TOKOH SEMAR SEBAGAI SUMBER IDE PEMBUATAN KARYA KRIYA LOGAM

  • GUNAWAN EKO PRASTYO

Abstract

Semar merupakan nama tokoh punakawan paling utama dalam pewayangan Jawa dan Sunda. Tokoh ini dikisahkan sebagai pengasuh sekaligus penasehat para kesatria dalam pementasan kisahkisah Mahabharata dan Ramayana. Penulis menggunakan tokoh pewayangan tersebut karena sesuai dengan tema karya, yaitu tentang Gusdur sebagai sosok yang menginspirasi perilaku tokoh Semar karena Gusdur adalah sebagai pamomong, berjiwa kebijaksaan hampir mirip dengan Semar. Dari latar belakang tersebut muncullah ide penciptaan yang terfokus pada tiga hal: (1) Sosok Gusdur yang menginspirasi perilaku tokoh Semar. (2) Proses pembuatan karya seni logam yang digunakan untuk mencontoh perilaku Gusdur yang menyerupai Semar. (3) Mendeskripsikan detail-detail karya dan maksudnya. Penulis membuat tiga buah karya untuk mengkritik pemerintahan Indonesia. Petama, berjudul ”Lima Sila Semar” karya tersebut bercerita tentang Semar berkepala Gusdur yang memakai jas seolah seperti pemimpin yang bijaksana dengan tangan kanannya menunjuk ke atas simbol dari eling marang Gusti. Kedua, berjudul “Budha Tidur” karya tersebut bercerita tentang sosok Semar berkepala Gusdur yang tidur miring seperti budha tidur di khayangan. Ketiga, berjudul “Bapak Tionghoa Indonesia” karya tersebut bercerita tentang Semar berkepala Gusdur yang memakai pakaian Cina menggambarkan sosok Gusdur seperti Semar yang menengahi agama atau mengayomi semua agama contohnya seperti Cina. Dalam proses pembuatan karya relief logam dikerjakan melalui beberapa tahapan, meliputi tahap pembuatan desain, pemilihan bahan, teknik pembentukan, dan proses perwujudan karya. Tahap pembuatan desain, diawali dengan membuat beberapa desain kemudian disetujui untuk menjadi desain terpilih untuk diwujudkan dalam penciptaan karya. Bahan utama yang digunakan adalah logam tembaga berbentuk plat dengan ketebalan 0,55 mm. Proses pembentukannya dilakukan dengan teknik ukir wudulan, endak-endakan. Proses finishing yang terdiri dari proses pencucian karya logam tembaga dengan larutan asam-garam. Pada proses pewarnaan karya logam dengan menggunakan oksidasi kimia SN, Kemudian mengoles logam tembaga dengan Autosol, kemudian karya dilapisi dengan coating menggunakan Pylox clear glossy. Setelah melalui beberapa tahapan, mulai persiapan hingga perwujudan karya, maka terciptalah 3 karya logam, dengan judul “Tokoh Semar sebagai Sumber Ide Pembuatan Karya Kriya Logam” Kata

Kunci : Semar, Gusdur, Perilaku.

Semar is the most popular name of Javanese and Sundanese punakawan puppet. This figure is reported as a caretaker and advisor of the knights in the stories of Mahabharata and Ramayana. The writer used that puppet character because it fits with the theme of the work, which is about Gusdur as someone who inspires Semar to behave and has similarities such as caretaker and wise person. From those backgrounds, the writer got the idea of the creation which is focused on three things: (1) The figure of Gusdur that inspires Semar's behavior. (2) The process of making metal artwork which is used to copy and visualize the figure of Gusdur. (3) To describe the details of the artwork and the purpose. The writer created three artworks to criticize the Indonesian government. Firstly, entitled "Five Semar Presepts" The work tells the story of Semar with the head of Gusdur who wears a suit to look wise leader with his right hand pointing upwards as the symbol of mindful of the Lord. The second, entitled "Sleeping Buddha" it tells about the figure of Semar with the head of Gusdur who sleeps sideway such as a Buddha is sleeping in the heaven. The third, entitled "Father of Indonesian Chinese" The work tells the story of Semar with the head of Gusdur wearing Chinese ethnic clothes which depict Gusdur as Semar that mediates for all religions such as China. In the process of making metal relief works, it was done through several stages, including design, selection of materials, formation technique, and the embodiment of the works. The design was begun with a few designs and then approved to be selected design for the creation of the work. The main material used was copper-plate shaped with the thickness of 0.55 mm. Forming process is done by wudulan, endak-endakan carving techniques. The finishing process Tokoh Semar Sebagai Sumber Ide Pembuatan Kriya Logam 045 consists of washing the copper metal artworks with an acid-salt solution. In the process of coloring the metal, it used chemical oxidation SN, then greasing the copper metal with Autosol, after that the work is coated by pylox clear glossy. After passing through several stages, from the preparation to the embodiment of the work, then created three works of metal, with the title "The figure of Semar as the idea of making Metal Craft Works"

Keywords : Semar, Gusdur, Behavior.

Published
2016-01-28
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 36