ANALISIS STRUKTUR DAN MAKNA VISUAL IKLAN INDOMIE VERSI NICHOLAS SAPUTRA

  • HERDYTA ABDI I

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa struktur visual dan makna visual iklan Indomie versi Nicholas Saputra. Serta mendeskripsikan keterkaitan iklan billboard dengan iklan Televisi Indomie versi Nicholas Saputra. Jenis atau tipe penelitian yang digunakan adalah dengan metode Kualitatif, yaitu dilakukan secara kondisi yang alamiah. Sumber data berasal lokasi billboard dan dari buku yang berkaitan dengan visual, periklanan, dan metodologi penelitian. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi dari beberapa sumber, internet atau website dan sumber buku sebagai rujukan.

Berdasarkan analisa struktur dan makna visual iklan Indomie versi Nicholas Saputra, iklan memiliki struktur visual terdiri dari unsur-unsur visual yaitu bidang seperti ikon pegunungan, bidang pada logo merek, bidang seperti foto, tipografi pada judul, logo produsen dan merek. Elemen desain iklan yang terdapat dalam iklan adalah headline berupa judul “Bikin Santai Makin Hangat”. Slogan terdapat pada logo produsen Indofood yang bertuliskan “Lambang Makanan Bermutu”. Tipografi dalam iklan adalah logo merek Indomie. Ilustrasi terdapat tiga orang sedang santai makan mie instan. Iklan menggunakan keseimbangan asimetris, tata letaknya tidak beraturan tetapi terlihat tetap seimbang. Analisis makna pada penelitian  menggunakan unsur-unsur deskripsi, analisis formal, interpretasi, dan evaluasi atau penilaian terhadap mutu yang dihasilkan dalam sebuah visual.

Iklan billboard Indomie versi Nicholas Saputra memiliki judul yang sama dengan iklan televisi Indomie versi Nicholas Saputra. Dari penafsiran keterkaitan makna iklan cetak billboard denga iklan televisi, memiliki kesamaan tempat dan pakaian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa iklan cetak billboard merupakan rangkuman dari keseluruhan iklan televisi yaitu “Indomie Kuah”, “Indomie Ayam Bawang”, dan Indomie Kari Ayam”.

Kata Kunci: Visual, Iklan, billboard, desain, Indomie

Published
2016-05-12
Abstract Views: 383
PDF Downloads: 1014